H-2 Pelantikan Prabowo-Gibran, Persiapan Capai 80 Persen




Jakarta, Indonesia

Plt Sekjen MPR Siti Fauziah mengatakan proses persiapan acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada 20 Oktober sudah mencapai 80 persen.

Hal tersebut disampaikan Fauziah disela-sela proses gladi kotor pelantikan Prabowo-Gibran yang dilakukan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (18/10).

“Artinya sudah 80 persenan lah ya, kan bisa dilihat karpet sudah terpasang walaupun masih ditutup, karena takut kotor,” kata Fauziah.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Fauziah menjelaskan pihak MPR sudah mengirimkan undangan kepada tamu kehormatan hingga perwakilan negara sahabat untuk hadir.

Termasuk, kata dia, undangan juga telah diberikan kepada Presiden dan Wakil Presiden terdahulu serta kontestan Pilpres 2024.

“Pak SBY hadir. (Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri) Insyaallah,” tutur dia.

Fauziah menjelaskan pihak MPR akan melakukan gladi bersih untuk persiapan pelantikan Prabowo-Gibran pada Sabtu (19/10) besok.

Ia menyebut gladi bersih itu dilakukan untuk menyesuaikan beberapa prosesi pra hingga pasca pelantikan yang dianggap masih belum mantap.

“Jadi ada beberapa perubahan yang dilihat tadi kurang pas. Jadi itu akan kita sesuaikan kembali untuk gladi bersih besok,” tutur dia.

Seluruh pimpinan MPR hadir gladi 

Siti juga mengungkapkan prosesi gladi bersih itu akan dipantau langsung oleh seluruh jajaran pimpinan MPR yang akan datang ke lokasi.

“Pimpinan insya Allah Pimpinan MPR 9 orang besok akan menyaksikan gladi bersih,” kata Siti.

Siti menjelaskan proses gladi bersih itu dilakukan untuk menyesuaikan sejumlah prosesi pelantikan yang masih perlu diperbaiki dari gladi kotor. Ia menyebut gladi bersih itu akan dimulai sekitar pukul 10.00 WIB. Ia juga menyebut dekorasi persiapan pelantikan akan mulai dipasang dalam sesi gladi bersih tersebut.

Lebih lanjut, Siti berharap Prabowo dan Gibran turut hadir untuk mengikuti prosesi gladi bersih tersebut. Di sisi lain, Siti mengungkap seluruh undangan kepada para kepala negara sahabat telah dikirim untuk menghadiri pelantikan itu.

Namun, ia menyebut konfirmasi kehadiran dari seluruh kepala negara itu baru akan diketahui fiksasinya pada Sabtu (19/10) besok.

Pengucapan sumpah Presiden dan Wakil Presiden RI direncanakan digelar pukul 10.28 WIB. Dilanjutkan dengan proses administrasi lain dan pidato pertama Presiden Prabowo Subianto.

Sidang paripurna MPR pelantikan presiden dan wakil presiden dijadwalkan selesai pukul 11.23 WIB. Setelah itu, rencananya Prabowo akan langsung ke Istana Negara.

(mab/isn)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *