Hanya Dua Daerah di Jawa Masuk Zona Hijau Covid



Jakarta, Indonesia —

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mencatat terjadi penambahan pada daerah yang masuk kategori zona hijau virus corona atau wilayah yang tidak mengalami penambahan kasus Covid-19 di Indonesia dalam sepekan terakhir.

Data Satgas per 19 Desember yang baru dirilis pada hari ini, Rabu (22/12) mencatat zona hijau bertambah menjadi 92 daerah. Jumlah zona hijau bertambah dari pekan lalu yang hanya mencatat 79 daerah.

Puluhan kabupaten/kota yang masuk zona hijau ini mayoritas berasal dari provinsi Papua dengan 15 kabupaten/kota yang tercatat. Sementara daerah-daerah di Pulau Jawa-Bali hanya mencatatkan dua daerah yakni Kepulauan Seribu, DKI Jakarta dan Kota Banjar, Jawa Barat yang masuk kategori zona aman ini.

Peta zonasi risiko daerah dihitung berdasarkan indikator-indikator kesehatan masyarakat dengan menggunakan skoring dan pembobotan. Indikator yang digunakan adalah indikator epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat, dan pelayanan kesehatan.

Lebih lanjut, Satgas juga menyatakan bahwa Indonesia sudah terbebas dari zona merah dan zona oranye pada sepekan terakhir ini. Zona merah merupakan wilayah dengan tingkat penularan virus corona yang masih tinggi alias rawan, sementara zona oranye penularan pada tingkat sedang.

Dengan temuan itu, Indonesia terhitung sudah 9 pekan nihil zona oranye. Sementara untuk zona merah, sudah tidak mencatatkan penambahan daerah secara berturut-turut dalam tiga bulan terakhir.

Selanjutnya, Satgas juga mencatat zona kuning atau wilayah dengan risiko rendah penularan covid-19 mengalami penurunan jumlah menjadi 422 daerah, setelah sepekan lalu berjumlah 435 Kabupaten/Kota.

Daftar lengkap rincian zona wilayah baca di halaman selanjutnya.


Rincian Zona Hijau di Indonesia


BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *