Harap Cemas Misa Katedral di Tengah Varian Baru Omicron



Jakarta, Indonesia —

Romo Katedral Jakarta, Albertus Hani Rudi Hartoko mengaku misa yang digelar ‘hybrid’ (tatap muka dan online) pada Natal 2021 berlangsung kondusif meski dihelat pada situasi pandemi Covid-19.

Namun, ia tidak menampik ada kekhawatiran terhadap Covid-19 yang penyebarannya kini telah ditemukan melalui varian baru, yakni Omicron.

“Kami juga harap-harap cemas ini (saat) mulak semangat menaikkan volume umat, tapi tiba-tiba ada varian baru. Jadi umat secara psikologis kadang-kadang ada kekhawatiran dan kecemasan,” kata Albertus ditemui di Katedral, Jakarta Pusat, Sabtu (25/12).

Misa pada 24-25 di Katedral diketahui terbagi ke dalam beberapa sesi yaitu online dan offline.

Misalnya hari ini misa digelar mulai pukul 09.00 WIB secara tatap muka, online dan tayang di TVRI. Kemudian pukul 11.00 WIB online dan tayang di KompasTV, serta misa terakhir pukul 17.00 WIB melalui tatap muka dan online.

Meski ada kekhawatiran, namun ditegaskan bila misa tatap muka yang digelar di gereja selalu mematuhi protokol kesehatan ketat.

“Tapi kami semua mengikuti protokol dan kami berharap dapat meewati natal tahun baru dengan baik,” ucap dia.

Terima kasih sudah aman

Lebih lanjut, Albertus turut mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung berlangsungnya misa natal tahun ini.

“Kami ingin terimakasih kepada TNI dan Polri juga Pemda DKI dan pihak lain yang terlibat untuk bisa memungkinkan kami umat kristiani merayakan natal dengan baik,” kata dia.

Pada kesempatan itu Albertus dan pihak Gereja Katedral lain juga sempat mengucapkan terimakasih secara langsung kepada TNI dan Polri selaku tim keamanan selama penyelenggaraan natal.

Saat itu Albertus sempat membawakan sebuah bingkisan terhadap aparat gabungan di pos keamanan yang berada di seberang Katedral.

“Ini kegembiraan bahwa perayaan ini menjadi tanda persaudaraan dan tanda harapan suka cita bagi kami semua masyarakat Indonesia yang beragam ini,” kata dia.

Sementara itu Kapolsek Sawah Besar Ajun Komisaris Maulana memastikan bila situasi dalam penyelenggaraan natal di Gereja Katedral sejauh ini terkendali.

“Jadi sampai saat ini situasi aman,” kata Maulana.

Pantauan Indonesia.com, sejauh ini aparat masih berjaga di lingkungan sekitar gereja. Sedangkan misa natal sesi terakhir hari ini telah berakhir dan para jemaat telah berangsur pulang.

(ryh/ain)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *