Hari Penentu Juara Dunia WSBK Mandalika Toprak vs Rea


Lombok, Indonesia —

Setelah Race 1 WSBK Mandalika ditunda, Sabtu (20/12), perebutan gelar juara dunia WSBK 2021 antara Toprak Razgatlioglu vs Jonathan Rea akan ditentukan hari ini, Minggu (21/11).

Hujan deras yang menyelimuti Sirkuit Mandalika pada Sabtu sore kemarin membuat drama perebutan gelar juara dunia WSBK 2021 berlanjut hari ini. Kondisi itu membuat pihak WSBK menghapus Superpole Race dan menggantinya dengan Race 1 dan Race 2 hari ini.

Penundaan Race 1 dan penghapusan Superpole Race ini tidak menguntungkan Rea, pasalnya sang juara bertahan saat ini hanya memiliki peluang maksimal merebut 50 poin. Sedangkan pembalap Kawasaki itu sedang tertinggal 30 poin. Padahal jika akhir pekan berjalan normal, ada 62 poin maksimal yang bisa direbut.

“Bukan kabar baik buat saya karena ini menghapus satu kesempatan saya. Dua peluang balapan lagi, tetapi tentu saja kami lebih dirugikan. Ketika hujan mulai turun saat saya melakukan lap out, saya pikir ini akan jadi kesempatan saya untuk mengambil beberapa poin. Saya merasa cukup percaya diri dengan kondisi tersebut,” ujar Rea.

“Tapi kondisinya jadi berbahaya, banyak genangan air di trek. Kami tidak tahu bagaimana kondisi seluruh lintasan karena pembalap yang melihatnya. Tetapi keputusan telah dibuat dan kami mulai lagi besok [Minggu],” sambung Rea.

Toprak hanya perlu unggul 5 poin atas Rea pada Race 1 untuk memastikan gelar juara dunia di WSBK Mandalika. Jika tidak maka penentuan gelar juara dunia akan ditentukan di Race 2.

Toprak sendiri tidak menganggap penghapusan Superpole Race hari ini sebagai sebuah keuntungan. Pembalap asal Turki itu justru tidak senang dengan jadwal baru meski secara matematis menguntungkannya.




Banner Testimoni

“Saya tidak terlalu senang karena, bukan hanya untuk tim saya, tetapi juga untuk tim Rea. Kami berjuang di setiap balapan. Besok [Minggu] akan ada dua balapan panjang. Mungkin akan sedikit lebih mudah [dalam perebutan juara dunia], tetapi saya juga akan mencoba berjuang untuk menang,” ujar Toprak.

“Kami tidak tahu kondisi cuaca untuk besok [Minggu]. Kami akan melihat karena ini adalah musim yang aneh di WSBK dan besok [Minggu] semua orang akan melihat pembalap mana yang menjadi Juara,” ucap Toprak.

Jadwal WSBK Mandalika 2021, Minggu (21/11)

09:00-09:15 WITA (WSBK pemanasan)
09:25-09:40 WITA (Supersport pemanasan)
11:00 WITA Race 1 WSBK
12:30 WITA Race 2 ATC
13:30 WITA Race 2 Supersport
15:00 WITA Race 2 WSBK

[Gambas:Video ]

(har/jal)







Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *