Hati-hati Tersengat, Ini Cara Mengusir Tawon Vespa di Rumah



Daftar Isi



Jakarta, Indonesia

Ada beberapa cara untuk mengusir tawon vespa di rumah. Cara-cara tersebut perlu diperhatikan demi menghindari sengatan tawon vespa.

Seorang warga Banyuwangi, Jawa Timur yang bernama Mustofa meninggal akibat tersengat tawon vespa. Hal itu terjadi ketika ia dan Khoirul menjadi korban sengatan tawon vespa saat mencari rumput pada Jumat (25/10) pagi.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Sepertinya mereka tidak sengaja merusak sarang tawon gong (tawon vespa) yang ada di pohon rambutan. Pasti langsung menyerang semua itu,” kata Muchlish, kepala desa Bulusari, seperti dilaporkan detikJatim.

Tawon vespa (Vespa affinis) atau tawon ndas memiliki ciri khas berupa lingkaran kuning hitam di perut. Tawon tidak akan berbahaya jika hanya satu atau dua ekor yang menyengat.

Hanya saja, saat satu ekor tawon vespa menyengat, tawon mengeluarkan sejenis feromon yang memicu tawon lain untuk menyerang. Sengatan kelompok seperti ini yang berbahaya dan bisa berakibat fatal.

Tawon vespa bisa hidup dengan mengonsumsi serangga, sampah sisa makanan dan daging sehingga sarang tawon dapat ditemukan di rumah.

[Gambas:Video ]

Lantas, bagaimana cara mengusir tawon vespa di rumah?

1. Usir di malam hari

Jika memiliki peralatan memadai seperti baju pelindung yang rapat, Anda dapat mengusir tawon secara mandiri. Sih Kahono, peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyarankan agar pengusiran tawon vespa dilakukan di malam hari sebab jarak pandang serangga ini terbatas.

2. Tak perlu panik

Satu sengatan tawon bisa memanggil tawon-tawon lain menyerbu. Sih Kahono menyarankan agar tidak panik meski tawon vespa masuk ke pakaian Anda.

“Longgarkan saja baju, maka tawon ini akan keluar. Jangan digaruk, maka hewan ini akan terusik, marah dan menyengat,” kata Sih Kahono seperti dikutip dari laman resmi Pemprov Jawa Tengah.

3. Jaga kebersihan rumah

Tawon vespa sangat menyukai bau sampah. Untuk menghindari tawon vespa bersarang di rumah, sebaiknya jaga kebersihan rumah salah satunya dengan tidak menumpuk sampah terlalu lama apalagi membuangnya sembarangan.

“Jangan mudah membuang sampah sembarangan khususnya sampah hewani, karena tawon ini sangat gemar aroma sampah,” kata Sih Kahono.

4. Lapor damkar setempat

Karena sengatannya yang berbahaya, warga dianjurkan untuk tidak mengusir tawon vespa sendiri apalagi tidak ada peralatan perlindungan diri yang memadai.

(els/chri)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *