Herindra Kemungkinan Dilantik Jadi Kepala BIN 21 Oktober




Jakarta, Indonesia

Calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Muhammad Herindra kemungkinan bakal dilantik bersamaan dengan pelantikan kabinet Prabowo Subianto pada 21 Oktober 2024.

Wakil Ketua DPR sekaligus Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad berharap Herindra bisa menyelesaikan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di DPR sebelum tanggal tersebut.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Kalau keburu mungkin, pelantikannya akan bersamaan dengan menteri kabinet pada tanggal 21 [Oktober],” kata Dasco di kompleks parlemen, Senayan, Rabu (16/10).

Adapun pada hari ini, Herindra yang menjabat Wakil Menteri Pertahanan itu tengah mengikuti uji di DPR.

Ia jadi calon tunggal yang diusulkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menggantikan Budi Gunawan di kursi Kepala BIN. Sementara itu, Budi Gunawan diisukan masuk kabinet Prabowo untuk menempati jabatan baru.

Herindra merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1987. Ia pensiun dari TNI dengan pangkat Letnan Jenderal dengan jabatan terakhir sebagai Kasum TNI.

Surat Presiden terkait pengangkatan Herindra sebagai Kepala BIN sudah diajukan ke DPR pada 10 Oktober 2024. Penggantian kepala itu diklaim sudah didiskusikan dengan Prabowo selaku presiden terpilih.

(thr/tsa)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *