Hindari Omicron, Sandiaga Ajak Wisata Nataru di Dalam Negeri



Jakarta, Indonesia —

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengimbau masyarakat untuk tidak bepergian keluar negeri selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru). Dia mengajak bersama mencegah masuknya varian virus Omicron, sekaligus menggerakkan ekonomi bangsa.

Pada Senin (13/12), Sandiaga menghadiri rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta Pusat. Saat itu, dipaparkan evaluasi terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), khususnya tentang Covid-19 varian Omicron, serta persoapan Nataru.

Menurut Sandiaga, kebijakan pengetatan karantina selama 10 hari masih akan terus dilakukan. Pasalnya, belum banyak yang diketahui soal varian Omicron. Selain itu, TNI dan Polri juga diminta Jokowi untuk ikut mengawasi penerapan PPKM. Jokowi berharap, seluruh pihak lebih disiplin menggunakan aplikasi PeduliLindungi dalam berbagai kegiatan wisata, termasuk ke mal dan restoran.

“TNI-Polri dilibatkan untuk mengawasi, agar penggunaan Aplikasi Peduli Lindungi ini terintegrasi dalam kegiatan pariwisata dan diharapkan ada peningkatan dalam periode Nataru,” kata Sandiaga.

Dia menambahkan, Jokowi juga memberi arahan tentang jumlah masyarakat yang berwisata keluar negeri saat ini, yang mencapai 3 ribu orang per hari.

“Nah, ini sangat menimbulkan kekhawatiran, karena ini adalah suatu peluang dan potensi masuknya varian baru dan bisa memicu peningkatan kasus dan gelombang selanjutnya dari Covid-19 ini. Oleh karena itu, melalui Menteri Luar Negeri, Bapak Presiden menyampaikan perintah dan bukan imbauan, tapi lebih kepada satu seruan, arahan bagi masyarakat Indonesia tidak berwisata di luar negeri,” ujar Sandiaga.

Selain itu, pelaku perjalanan keluar negeri juga harus memiliki alasan kuat untuk bepergian, dan bukan untuk piknik.

“Jadi sekali lagi arahan penting adalah untuk warga Indonesia yang ingin berkegiatan keluar negeri tidak disarankan, dan seruannya adalah untuk berwisata di Indonesia Aja, itu arahan jelas untuk mendukung kebangkitan ekonomi kita,” ungkap Sandiaga.

(rea)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *