Hujan Deras di India, 35 Orang Tewas dan Belasan Lain Hilang



Jakarta, Indonesia —

Setidaknya 35 orang meninggal dunia dan belasan lainnya hilang akibat hujan deras yang melanda wilayah selatan India. Hujan ini menghancurkan banyak rumah dan membanjiri jalanan.

Di negara bagian Andhra Pradesh, banjir bandang yang muncul akibat hujan lebat membunuh setidaknya 32 orang, dikutip dari .

Hujan ini sudah dimulai sejak pekan lalu, membuat jalanan banjir, mengisolasi beberapa desa, dan memblokir akses ke makanan dan air.

Beberapa pejabat negara itu mengatakan setidaknya 30 orang masih hilang. Mereka juga menyampaikan hampir 58 ribu orang telah dievakuasi dari rumah mereka ke 294 kamp evakuasi di wilayah itu.

Sementara itu, tiga orang meninggal dunia di negara bagian Karnataka.

“Orang-orang terutama, (memilih) tinggal di tempat kerabat mereka. Kami sedang mengatur (pembagian) makanan untuk mereka,” kata Pejabat Penanggulangan Bencana Tushar Giri Nath, Senin (22/11).

Nath juga menyampaikan 150 rumah telah rusak akibat hujan deras ini. Menurut Departemen Meteorologi India, curah hujan ini disebabkan oleh sirkulasi siklon di Laut Arab dan daerah bertekanan rendah di Teluk Benggala.

Badan ini juga menambahkan siklon ini akan bergerak menuju pantai negara bagian Tamil Nadu selatan dalam beberapa hari mendatang.

Walaupun hujan lebat di wilayah tadi diperkirakan akan turun dalam beberapa hari ke depan, tetapi ada potensi hujan akan kembali tinggi di minggu depan, tambah badan itu.

Kematian akibat hujan lebat di wilayah selatan India bukanlah yang pertama kali terjadi. Pada awal bulan ini, hujan lebat di Tamil Nadu membunuh setidaknya 16 orang. Pejabat pemerintah menggunakan pompa untuk mengeringkan air yang merendam beberapa wilayah.

Bulan lalu, sedikitnya 46 orang tewas di negara bagian Uttarakhand dan 27 mayat ditemukan di negara bagian Kerala.

(pwn/bac)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *