HUT Ke-88, Unilever Indonesia Umumkan 10 Pahlawan Inspiratif


Jakarta, Indonesia —

Siapa sih yang tidak tau Unilever? Pastinya hampir semua orang sudah tidak asing lagi dengan perusahaan tersebut. Sejak dulu kala, perusahaan tersebut telah menghadirkan beragam produk yang banyak sekali dimanfaatkan oleh masyarakat di Indonesia.

Berkaitan dengan hal tersebut, ternyata PT Unilever Indonesia, TBK sudah menginjak usianya ke 88 tahun pada, Minggu (5/12/2021) lalu. Pada usianya yang tidak lagi muda, Unilever Indonesia senantiasa selalu konsisten mendampingi masyarakat Indonesia di berbagai momen dan tantangan apapun melalui berbagai produk yang dimilikinya.

Untuk merayakan momen spesial ini, Unilever Indonesia memberikan penghargaan kepada 10 “Every U Does Good Heroes” atas ide dan kontribusi visioner mereka yang sejalan dengan pilar kebaikan perusahaan.


Head of Communication PT Unilever Indonesia, Tbk. Kristy Nelwan mengatakan, selain sebagai bentuk dari perayaan HUT ke-88 Unilever, penghargaan tersebut juga bertujuan untuk menginspirasi banyak orang khususnya generasi muda agar selalu memberikan kebaikan bagi Indonesia.

“Purpose atau tujuan mulia adalah jantung dari operasi bisnis Unilever, termasuk Unilever Indonesia. Tujuan mulia ini sudah sejak dulu tidak pernah berubah yakni menjadikan menjadikan kehidupan berkelanjutan sebagai hal yang lumrah bagi semua orang,” kata Kristy Nelwan dalam keterangan tertulis, Kamis (9/12/2021).

Selain itu, Kristy menjelaskan, Unilever berkomitmen untuk selalu memperkuat untuk hadir sebagai perusahaan yang mampu menjadi bagian dari solusi atas beragam permasalahan Indonesia dan dunia.

“Komitmen ini diperkuat dengan strategi baru Unilever secara global, yaitu ‘The Unilever Compass’. Sebagai perusahaan yang purpose-led dan future-fit, Unilever Indonesia percaya bahwa bisnis seharusnya mampu menjadi bagian dari solusi atas permasalahan yang dihadapi dunia, termasuk permasalahan lingkungan dan sosial,” kata Kristy Nelwan.

Ia juga menjelaskan, terdapat tiga fokus pilar kebaikan yang telah dijalankan oleh Unilever Indonesia selama 88 tahun ini yang sejalan dengan “The Unilever Compass”.

Adapun tiga pilar tersebut meliputi membangun planet yang lebih lestari, meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, serta berkontribusi pada masyarakat yang lebih adil dan inklusif. Dengan adanya tiga pilar ini, Unilever percaya bahwa masa depan yang berkelanjutan merupakan tanggung jawab bersama.

Kristy Nelwan memastikan, pihaknya Unilever Indonesia juga selalu melibatkan partisipasi aktif masyarakat di seluruh kampanye ataupun programnya, karena kesuksesan dari pembangunan berkelanjutan tidak terlepas dari kesadaran dan peranan masyarakat dalam membuat perubahan. Hal ini salah satunya terwujud melalui program “Every U Does Good Heroes”.




UnileverFoto: dok. Unilever

Program yang diselenggarakan sejak Agustus lalu ini bertujuan untuk menemukan sosok-sosok pahlawan masa depan yang mampu menunjukkan kiprah dalam menciptakan Indonesia yang lebih hijau, sehat, sejahtera, adil dan inklusif yang pastinya sejalan dengan tiga pilar kebaikan Unilever.

Kegiatan ini merupakan bagian dari kampanye “Every U Does Good” ini juga mengajak masyarakat untuk lebih cermat memilih brand yang mampu membantu mereka untuk berkontribusi terhadap upaya-upaya baik yang berdampak pada kelestarian lingkungan atau kehidupan masyarakat itu sendiri.

Kristy Nelwan mengungkapkan, selama Oktober – November, sebanyak 100 peserta terpilih dari berbagai wilayah di Indonesia dengan purpose serta program yang paling relevan dan berpotensi untuk berkembang telah mendapatkan rangkaian mentoring yang bermanfaat, termasuk lima mentor inspiratif yang berhasil membuktikan bahwa purpose kuat akan membawa dampak positif yang signifikan bagi lingkungan dan masyarakat.

Adapun kelima mentor tersebut yakni CEO & Pendiri Waste4Change Mohamad Bijaksana Junerosano, Pendiri Burgreens & Green Rebel Foods Helga Angelina Tjahjadi, Co-Founder Feelwell Ceramics Stevia Angesty, Staf Khusus Presiden RI & Co-Founder Toleransi.id Ayu Kartika Dewi, dan Disability Womanpreneur Nicky Clara.

Pada puncak perayaan HUT ke-88 Unilever, diumumkan 10 sosok “Every U Does Good Heroes” yang masing-masingnya berhak menerima micro grant sebesar Rp30 juta untuk mengembangkan project mereka, disertai pembinaan lanjutan secara intensif dari para mentor dan tim Unilever Indonesia.

Kesepuluh pemenang millennials inspiratif ini semakin memperkuat keyakinan Unilever Indonesia ‘the power of brand with purpose dan people with purpose’. Yang mana sinergi antara brand dan masyarakat memiliki tujuan mulia untuk membawa perubahan signifikan terhadap keberlanjutan masa depan.

Berikut adalah 10 sosok “Every U Does Good Heroes”.

  1. Ari Gunawan, Bali – Organisasi “Precious Island”
  2. Dicky Dwi Alfandy, Lampung – Gerakan “Gajahlah Kebersihan” dengan program “Marine Debris Ranger”
  3. Katrin Sovia Ifana Sari Moko, Jakarta – Gerakan “Be Home Indonesia”
  4. Erliana, Jakarta – Komunitas “Bersama Lansia”
  5. Ni Putu Gita Saraswati, Bali – Organisasi “Kolaborasi Bumi Indonesia” dengan project “Menstrucaraka”
  6. Arif Fajar Saputra, Jakarta – Organisasi “NUXCLE” dengan program “ZUBOARD”
  7. Sandi Mahendra, Sumatera Utara – Gerakan “Terpandu” (Tiap Orang Punya Kesempatan Kedua)
  8. Akbar Trio Mahsuri, Jawa Timur – Program “Student Interfaith Peace Camp”
  9. Nissi Taruli Felicia, Jakarta – Komunitas “Feminis Themis”
  10. Diva Asnawi, Jakarta – Organisasi “KONEKIN” dengan project “BISA”.

“Selamat kepada seluruh pemenang, semoga dapat terus berperan menjadi pendorong kebaikan dimanapun mereka berada, serta menularkan semangat dan komitmennya ke lebih banyak generasi muda Indonesia. Mari ciptakan ekosistem yang semakin lengkap dan terintegrasi untuk bersama memberikan begitu banyak kebaikan untuk Indonesia!” pangkas Kristy.

(adv/adv)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *