Hyundai Produksi Mobil Listrik di Indonesia, Kia di Malaysia



Jakarta, Indonesia —

Hyundai telah menyatakan Indonesia sebagai lokasi produksi mobil listrik, sedangkan Kia, anak perusahaan Hyundai, memilih melakukannya di negara tetangga, Malaysia. Pemilihan lokasi geografi ini bisa menguntungkan bisnis keduanya di kawasan ASEAN.

Kia Malaysia, perusahaan lokal joint venture antara Kia Motor dan Bermaz Auto, mengumumkan pada pekan lalu, menargetkan memproduksi total 100 ribu unit untuk pasar domestik dan ekspor hingga 2026.

Ada empat model yang akan dirakit secara Completely Knock Down (CKD) yaitu Carnival, Sorento, Sportage, dan Niro.

Wapcar menjelaskan model produksi pertama adalah Carnival pada April 2022, kemudian Sorento pada akhir 2022. Produksi Sportage dan Niro bakal dilakukan pada 2023 dan sedang dipelajari merakit versi listrik murni Niro pada 2023 atau 2024.

Sebanyak 60 persen dari target 100 ribu unit produksi ditujukan buat ekspor ke negara-negara di ASEAN, termasuk Indonesia, Thailand, Singapura, dan Vietnam.

Menurut penjelasan Paultan, Kia menyatakan ketika konferensi pers pada Jumat (10/12), operasi CKD di Malaysia kunci sukses perusahaan di pasar ASEAN. Malaysia dipilih lantaran terdapat program kebijakan CKD, logistik, dan pemasok dari pemerintah.

Lokasi perakitan Kia berada di pabrik Inokom di Kulim, Kedah. 

Kia adalah produsen otomotif terbesar kedua di Malaysia setelah perusahaan induknya, Hyundai, yang sudah menyatakan bakal memproduksi mobil listrik di Indonesia pada 2022. Sejauh ini belum ada pernyataan resmi model apa yang diproduksi di Tanah Air, namun spekulasi beredar itu adalah Ioniq EV pada Mei 2022.

Selain memproduksi mobil listrik, Hyundai bersama LG juga tengah membangun pabrik sel baterai pertama di Asia Tenggara, di Indonesia. Produksi sel baterai ini ditargetkan mulai 2024 khusus untuk mobil listrik yang dirancang menggunakan platform khusus Electric-Global Modular Platform (E-GMP).

E-GMP bukan hanya digunakan untuk merancang mobil listrik Hyundai tetapi juga Kia.

(fea)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *