Ikuti Tips Makan Nasi Putih Ini, Dijamin Gula Darah Tak Bakal Melonjak


Daftar Isi



Jakarta, Indonesia

Dianggap sebagai karbohidrat utama, namun nyatanya nasi putih tinggi gula. Lantas, bagaimana tips mengonsumsi nasi putih agar gula darah tidak meningkat?

Nasi merupakan salah satu jenis karbohidrat yang populer. Orang Indonesia bahkan merasa tak lengkap jika makan tanpa nasi.

Namun, nasi adalah sumber karbohidrat sederhana yang kandungan gulanya sulit dicerna. Dengan begitu, bukan tak mungkin jika kadar gula darah melonjak saat mengonsumsi nasi.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Padahal, penting bagi penderita diabetes atau prediabetes untuk menjaga kadar gula darah. Kadar gula yang baik dapat mencegah komplikasi yang terkait dengan diabetes yang tidak terkontrol.

Tips mengonsumsi nasi agar gula darah tidak meningkat

Namun, Anda tak perlu khawatir. Ada dua tips mengonsumsi nasi agar gula darah tidak meningkat.

Berikut di antaranya, merangkum berbagai sumber.

1. Biarkan nasi hingga dingin sebelum dimakan

Jangan santap nasi dalam kondisi panas dan baru matang. Biarkan nasi dingin terlebih dahulu jika ingin gula darah tetap aman.

Selain itu, Anda juga bisa memasukkan nasi yang baru matang ke dalam wadah dan masukkan ke dalam kulkas. Sebuah penelitian menemukan cara ini ampuh menurunkan kadar gula pada nasi.

Mengutip Business Insider, sekelompok peneliti dari Poznan University of Medical Sciences sempat mempelajari 32 pasien diabetes tipe 1. Mereka menerapkan kebiasaan mengonsumsi nasi panas yang baru matang dan nasi yang didinginkan.

Hasilnya, makan nasi dingin dapat menurunkan kadar gula sehingga membantu mencegah lonjakan kadar gula darah dalam tubuh.

Jika nasi telah didinginkan dalam kulkas, Anda bisa menghangatkannya kembali. Cara ini juga bisa membantu menurunkan kadar gula pada nasi.

2. Padukan dengan sumber nutrisi lain




Indonesian Traditional Food Named Lengko RiceIlustrasi. Padukan dengan nutrisi lain, salah satu tips mengonsumsi nasi putih agar gula darah tidak meningkat. (iStockphoto/randyrinaldie)

Makan nasi dengan pendamping lauk-pauk sehat bisa bantu mencegah lonjakan kadar darah dalam tubuh.

Tapi, jangan asal memilih lauk pendamping nasi. Pilih lauk pendamping yang menyehatkan seperti sumber protein dan serat. Upayakan tidak mengonsumsi makanan olahan.

Demikian tips mengonsumsi nasi putih agar gula darah tidak meningkat. Selamat mencoba!

(pli/asr)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *