Indeks Kebahagiaan Warga Jakarta Turun



Jakarta, Indonesia —

Badan Pusat Statistik (BPS) merilis Indeks Kebahagiaan tahun 2021. Dari data BPS diketahui bahwa Indeks Kebahagiaan di Jakarta menurun pada tahun ini.

Merujuk Indeks Kebahagiaan 2021 yang dirilis BPS, Jumat (31/12), Jakarta menempati urutan ke 27 dari 34 Provinsi. Indeks Kebahagiaan DKI Jakarta saat ini berada pada angka 70,68.

Angka tersebut turun dibanding pada tahun 2017. Berdasarkan data BPS, Indeks Kebahagiaan DKI pada 2017 berada pada angka 71,33. BPS melakukan survei indeks kebahagiaan sebanyak tiga kali, masing-masing pada 2014, 2017, dan 2021.

Bahkan, Indeks Kebahagiaan di Jakarta tahun ini masih di bawah Indeks Kebahagiaan secara nasional. Menurut BPS, Indeks Kebahagiaan Indonesia saat ini rata-rata berada di angka 71,49.

Dalam penjelasannya, BPS, mengatakan tingkat kebahagiaan penduduk tahun 2021 diukur berdasarkan data hasil Survei Pengukuran Tingkat Kebahagiaan (SPTK) tahun 2021. Survei dilaksanakan secara serentak di seluruh kabupaten/kota di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Survei dilaksanakan pada rentang waktu 1 Juli hingga 27 Agustus 2021. Unit analisis merupakan rumah tangga yang dipilih secara acak (random).

BPS menggunakan metode sampling Two Stage One Phase Sampling. Total sampel rumah tangga yang diperlukan untuk keperluan estimasi tingkat kebahagiaan hingga level provinsi di Indonesia sebesar 75.000 rumah tangga yang tersebar di 34 provinsi.

Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara oleh petugas wawancara menggunakan kuesioner terstruktur dan alat bantu.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengaku belum mendengar informasi mengenai turunnya Indeks Kebahagiaan di Jakarta. Namun, ia menduga salah satu faktornya adalah pandemi virus corona (Covid-19).

“Saya baru dengar rilis dari BPS ya, nanti kami akan cek, yang pasti memang akibat dampak pandemi Covid besar sekali terhadap kesehatan, dan juga perekonomian kita,” ujar Riza di Balai Kota.

(dmi/wis)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *