India Laporkan Temuan Kasus Omicron Ketiga



Jakarta, Indonesia —

India, pada Sabtu (4/12), melaporkan temuan baru dari kasus Omicron sehingga jumlah kejadian varian tersebut di negara itu kini menjadi tiga.

Pemerintah Negara Bagian Gujarat mengatakan kasus ketiga Omicron ini merupakan seorang pria berusia 72 tahun.

Pasien asli India ini diketahui menetap di Zimbabwe selama puluhan tahun dan kembali ke kampung halamannya pada 28 November silam.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan India melaporkan ada tambahan 8.603 kasus sehingga menggenapi total kasus Covid-19 menjadi 34,62 juta kasus.

Dalam kesempatan yang sama, pemerintah India melaporkan 415 kematian baru sehingga total ada 470.530 kasus kematian akibat Covid-19 di negara itu.

Perdana Menteri India, Narendra Mondi, pada bulan lalu meminta pejabat negara tersebut fokus pada negara-negara yang diidentifikasi berisiko.

Perintah tersebut datang setelah Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan varian Omicron sebagai “variant of concern”.

WHO menyebut Omicron yang diidentifikasi pertama kali di Afrika Selatan ini berpeluang menyebar lebih cepat dibanding varian virus corona yang telah diidentifikasi sebelumnya.

India menduga varian Omicron ini tidak lebih parah dibanding sebelumnya, dengan alasan tingkat vaksinasi yang meningkat.

Selain itu karena paparan gelombang sebelumnya akibat varian Delta yang menginfeksi 70 persen populasi India pada Juli.

Kemenkes India mengatakan pada Kamis (2/12), mereka telah mengidentifikasi dua pasien laki-laki yang terpapar varian Omicron. Dua pasien itu berusia 66 dan 46 tahun dan berasal dari selatan negara bagian Karnataka.

Pasien pertama merupakan Warga Negara Afrika Selatan dan pasien kedua adalah dokter India yang tidak memiliki riwayat perjalanan.

(Reuters/end)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *