Indonesia 19 Kasus, Thailand Terbanyak 205 Kasus



Jakarta, Indonesia —

Virus Corona varian Omicron telah masuk ke negara-negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Thailand jadi negara dengan laporan kasus varian Omicron terbanyak, yaitu 205 kasus.

Bangkok Post mencatat ada lonjakan kasus Covid-19 varian Omicron di Thailand pekan ini. Jumlah kasus varian Omicron naik dari 154 pada Rabu (22/12) menjadi 205 kasus pada Jumat (24/12).

Peningkatan kasus Covid-19 varian Omicron juga terjadi di Singapura. Negeri Singa melaporkan 98 kasus varian Omicron pada Sabtu (25/12), naik 16 kasus dari hari sebelumnya.

Sebagian besar kasus Covid-19 varian Omicron di Singapura berasal dari luar negeri. Hanya 25 kasus yang merupakan penularan lokal.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan Malaysia melaporkan 62 kasus Covid-19 varian Omicron per Jumat (24/12). Sebanyak 61 kasus berasal dari luar negeri, sedangkan satu kasus masih dalam penelusuran.

Indonesia mencatat 11 kasus Covid-19 varian Omicron baru kemarin. Total kasus varian baru itu mencapai 19 orang. Seluruh kasus Covid-19 varian Omicron di Indonesia merupakan kasus impor. Kementerian Kesehatan belum melaporkan penularan lokal varian Omicron.

Sementara itu, Kamboja melaporkan 8 kasus, Filipina 3 kasus, dan Brunei Darussalam baru mengumumkan satu kasus. Adapun Vietnam, Myanmar Laos, dan Timor Leste belum mengumumkan kasus Covid-19 varian Omicron hingga saat ini.

Hingga pekan ini, setidaknya 79 negara telah melaporkan kasus Covid-19 varian Omicron. Varian ini diyakini menjadi pemicu lonjakan kasus di sejumlah negara.

Pemerintah Indonesia mengambil sejumlah langkah preventif untuk menekan potensi penularan lokal varian Omicron. Salah satunya dengan menutup sebagian area di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet, Jakarta, tempat kasus pertama Omicron di Indonesia.

Pemerintah juga melarang kedatangan warga negara asing dari Afrika Selatan, Botswana, Namibia, Zimbabwe, Leshoto, Mozambik, Eswatini, Malawi, Angola, Zambia, Inggris, Denmark dan Norwegia. Jika ada warga negara Indonesia yang datang dari negara-negara tersebut, maka wajib isolasi selama 14 hari.

(dhf/bmw)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *