Indonesia Dihajar Thailand, Ketakutan STY yang Jadi Kenyataan


Jakarta, Indonesia —

Kekalahan telak Timnas Indonesia 0-4 dari Thailand pada leg pertama final Piala AFF 2021 (2020) membuktikan ketakutan Shin Tae Yong jadi kenyataan.

Indonesia tidak berkutik di tangan Thailand pada final pertama Piala AFF di Stadion Nasional, Singapura, Rabu (29/12).

Sebelum pertandingan, pelatih Shin Tae Yong memprediksi anak asuhnya bisa tampil grogi dan membuat sejumlah kesalahan.

Hal itu diungkapkan Shin Tae Yong dalam wawancara dengan Indonesia TV. Pasalnya, sebagian besar pemain Indonesia merupakan debutan di final Piala AFF. Hanya Fachruddin Aryanto yang pernah tampil di final Piala AFF 2016.

“Memang banyak pemain yang baru pertama kali, yang dipanggil ke timnas juga dan mengikuti pertandingan besar seperti ini,” ujar Shin Tae Yong.

“Jadi, pastinya pada laga besok pemain banyak yang grogi juga, dan akan banyak momen berbahaya untuk kita,” ucap Shin Tae Yong menambahkan.




Pesepak bola Timnas Indonesia Fachruddin Aryanto (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Thailand Chanatip Songkrasin (kanan) dalam pertandingan Babak Final Leg 1 Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Rabu (29/12/2021).  Thailand mengalahkan Indonesia dengan skor 4-0. ANTARA FOTO/Flona Hakim/app/aww.Indonesia kewalahan membendung serangan Thailand. (ANTARA FOTO/FLONA TOBING)

Guna mengatasi ketakutan mental pemain Indonesia, pelatih asal Korea Selatan itu sudah berusaha keras dengan terus memberikan motivasi kepada Witan Sulaeman dan kawan-kawan.

“Untuk itu, kam harus banyak memberi tahu pemain, harus dibicarakan kepada pemain untuk lebih stabil dalam mengontrol permainan,” kata Shin Tae Yong.

Akan tetapi, minimnya pengalaman membuat Indonesia kesulitan mengimbangi permainan Thailand dengan pemain-pemain senior berkualitas.

[Gambas:Video ]

Lini tengah Skuad Garuda gagal membendung serangan awal Thailand. Kesalahan Tim Merah Putih berlanjut dengan longgarnya sektor pertahanan, sehingga beberapa kali Gajah Perang membahayakan gawang Nadeo Argawinata.

Usai pertandingan Shin Tae Yong pun mengakui masalah mental pemain Indonesia. Menurut Shin Tae Yong, gol cepat Chanathip Songkrasin pada menit kedua menggoyahkan mental bertanding Indonesia.

Laga leg kedua final Piala AFF akan berlangsung pada Sabtu (1/1).

(sry/ptr)







Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *