Indosat-Mastercard Kembangkan Sistem Pembayaran Tak Perlu Turun Mobil




Jakarta, Indonesia

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) dan Mastercard bekerja sama mengembangkan teknologi sistem transportasi dan pembayaran terintegrasi bernama NEXTFleet.

Sistem yang masih dalam bentuk purwarupa ini akan dibawa ke pasar pada 2025.

“Solusi ini akan tersedia segera, dalam beberapa kuartal ke depan di 2025,” ujar Chirag Shukadia, Chief Enterprise Data Analytics Officer Indosat di Kantor Indosat, Selasa (21/10).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Kita juga bekerja bersama untuk membawa produk ini ke market untuk melihat bagaimana kita bisa meningkatkan produksi bukan hanya di wilayah metropolitan, tetapi juga wilayah rural di seluruh Indonesia,” imbuhnya.

Kolaborasi ini dihadirkan untuk meningkatkan pengalaman pengemudi dan efisiensi operasional bagi operator armada dan pengelola transportasi umum, sekaligus memperkenalkan teknologi inovatif bagi produsen otomotif untuk meningkatkan nilai produknya bagi konsumen individu.

Sistem ini memungkinkan para pengemudi bertransaksi untuk pengisian bahan bakar, pembayaran tol, pengisian baterai kendaraan listrik, ataupun lantatur (layanan pemesanan restoran secara drive-through) dari dasbor kendaraan, tanpa perlu meninggalkan kendaraan mereka.

Dengan memanfaatkan inovasi tokenisasi dan biometrik dari Mastercard, pengemudi dapat menyimpan kredensial pembayaran secara aman dalam sistem infotainment kendaraannya, dan mengautentikasi pembayaran hanya dengan menggunakan sidik jari.

Sementara itu, NEXTFleet dari Indosat melengkapi ini dengan membantu perusahaan untuk merencanakan, menjadwalkan, dan memantau armada secara real-time lewat aplikasi seluler dan perangkat IoT, mengurangi biaya operasional secara signifikan, meningkatkan efisiensi, serta mendorong produktivitas.

Potensi penggunaan solusi pembayaran dalam kendaraan dan manajemen armada berbasis AI ini dinilai memiliki potensi tak terhingga baik untuk penggunaan pribadi maupun transportasi publik.

“Upaya Mastercard dalam mobility-as-a-service dan solusi pembayaran dalam kendaraan merupakan bagian dari upaya global kami untuk mengeksplorasi teknologi mutakhir bersama para pemimpin industri,” tutur Aileen Goh, Country Manager and President Director PT Mastercard Indonesia.

Sebagai informasi, Mastercard telah bekerja sama dengan Mercedes Benz untuk memperkenalkan pembayaran dalam mobil yang memungkinkan pengemudi melakukan pembayaran di pom bensin langsung dari kendaraan mereka, hanya dengan sidik jari.

Dengan sistem tersebut, sistem pembayaran akan terhubung secara otomatis dengan pom bensin ketika mobil sudah memasuki area pom bensin dan mematikan mesin.

(lom/dmi)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *