Internet Satelit BAKTI Kominfo Hadir di Tengah Warga Mukomuko




Jakarta, Indonesia

Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo menghadirkan internet ke desa sulit sinyal internet atau blank spot di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu dengan melakukan pemasangan VSAT (Very Small Aperture Terminal).

“Bakti Kominfo memasang perangkat VSAT di Desa Sinar Laut, Kecamatan Pondok Suguh,” kata Kepala Bidang Aplikasi dan Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mukomuko Yunaldi Asri di Mukomuko berdasarkan informasi yang dikutip dari Antara.

Yunaldi menyampaikan hal tersebut usai menerima laporan dari Kades Sinar Laut, Kecamatan Pondok Suguh terkait pemasangan perangkat VSAT untuk menyediakan layanan telekomunikasi dan internet oleh BAKTI Kominfo.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lebih lanjut, ia menyebut penggelaran akses internet BAKTI Kominfo di wilayah ini merupakan usulan dari Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui Diskominfo, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), dan Kantor Kemenag. Hasil usulan tersebut, Kantor Kemenag Kabupaten Mukomuko mendapatkan jatah sebanyak 12 titik untuk MAN dan MTs, Disdikbud dua sekolah dasar, dan 14 titik desa.

“Seluruh usulan dari berbagai instansi di daerah ini masuk ke aplikasi PASTI BAKTI Kominfo,” ujar Yunaldi.

Kapasitas bandwith yang diterima oleh masyarakat dalam program internet BAKTI Kominfo ini cukup besar, yakni 2 Mbps.

Sementara itu, berdasarkan data yang didapatkan dari BAKTI Kominfo, layanan akses internet BAKTI untuk Kabupaten Mukomuko sudah mencapai 37 titik yang meliputi14 titik di kantor desa, 21 titik di Balai Latihan Kerja (BLK) dan sekolah, dua titik di Puskesmas. Dari 37 titik tersebut 17 titik sudah menggunakan RTGS (Remote Terminal Ground Segment) Satelit Republik Indonesia (SATRIA-1) sementara titik lainnya merupakan beam atau pancaran sinyal SATRIA-1.

Adapun gateway stasiun bumi yang melayani Kabupaten Mukomuko yakni Stasiun Bumi Batam, Pontianak dan Manado.

Kabupaten Mukomuko, pernah mendapatkan bantuan akses dan layanan telekomunikasi dan internet BAKTI Kominfo pada 2021. Kala itu, akses internet BAKTI dihadirkan di 10 desa. Hingga saat ini, layanan akses internet BAKTI telah menjangkau 18.715 titik lokasi di seluruh wilayah Indonesia, khususnya di wilayah terdepan, terluar dan tertinggal (3T) serta lokasi prioritas (LOKPRI).

(fef)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *