Israel Akan Gugat Presiden Prancis Macron, Ini Alasannya




Jakarta, Indonesia

Israel menyiapkan gugatan hukum terhadap Presiden Prancis Emmanuel Macron, Senin (21/10).

Gugatan itu akan dilayangkan setelah Paris melarang Tel Aviv ikut dalam pameran dagang angkatan laut militer.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz, menyatakan pihaknya sudah memerintahkan kementerian luar negeri Zionis untuk memulai proses hukum terhadap Macron.

“Saya telah menginstruksikan Kementerian Luar Negeri Israel untuk mengambil langkah hukum dan diplomatis terhadap keputusan Presiden Prancis yang melarang perusahaan-perusahaan Israel menampilkan produk mereka di pameran SalonEuronaval di Paris bulan depan,” kata Katz dalam unggahan di X.

Euronaval merupakan acara pameran dagang militer yang diselenggarakan di Paris pada 4-7 November. Pemerintah Prancis sebelum ini telah mengumumkan bahwa delegasi Israel tak diizinkan membuka stan maupun memamerkan produk-produknya dalam pameran tersebut.

Meski begitu, delegasi Israel tetap boleh hadir dalam acara itu.

“Boikot terhadap perusahaan-perusahaan Israel untuk kedua kalinya atau penerapan persyaratan yang tak dapat diterima merupakan tindakan tak demokratis yang tidak bisa diterima oleh negara-negara sahabat. Saya mendesak Presiden Macron membatalkan sepenuhnya,” ujar Katz.

Hubungan Israel dan Prancis belakangan tengah keruh usai Paris memutuskan menyetop ekspor senjata ke Negeri Zionis.

Prancis menilai penghentian ekspor senjata ke Israel adalah satu-satunya cara menghentikan perang di Jalur Gaza Palestina dan Lebanon.

Israel, sementara itu, memandang keputusan tersebut tak patut karena semestinya “negara-negara beradab” membantu Israel yang sedang berjuang melawan Iran dan proksi.

(blq/bac)


[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *