Israel Serang 300 Target Hizbullah hingga Profil Menlu RI Baru Sugiono



Daftar Isi



Jakarta, Indonesia

Perang Israel vs Hizbullah di Lebanon makin memanas masih menjadi sorotan berita internasional.

Pelantikan menteri Kabinet Merah Putih Prabowo Subianto, termasuk Menteri Luar Negeri RI Sugiono, juga menjadi sorotan. Berikut kilas berita internasional pada Senin (22/10):

Israel Serang 300 Target Hizbullah di Lebanon dalam 24 Jam

Israel mengatakan telah menyerang sekitar 300 target Hizbullah di Lebanon selama 24 jam terakhir pada Senin (21/10), termasuk situs keuangan yang terkait dengan milisi Hizbullah pada Minggu (20/10) malam.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Militer Israel mengatakan brankas bawah tanah berisi puluhan juta dolar dalam bentuk uang tunai dan emas termasuk di antara hampir 30 target milik perusahaan keuangan terkait Hizbullah, Al-Qard al-Hassan, yang diserang Minggu malam.

AFP memberitakan uang di brankas itu “digunakan untuk membiayai serangan Hizbullah terhadap Israel,” kata juru bicara militer Israel Laksamana Muda Daniel Hagari.

Khaled Mashal Tolak Pimpin Hamas Gantikan Yahya Sinwar, Ada Apa?

Khaled Mashal digadang-gadang jadi pemimpin baru Hamas, usai Yahya Sinwar tewas dibunuh Israel di Gaza pada Rabu (16/10) pekan lalu.

Pria yang menjabat sebagai Kepala Biro Politik Hamasitu sebelumnya jadi kandidat kuat untuk memimpin milisi Palestina tersebut.

Namun Mashal dikabarkan menolak untuk menggantikan Sinwar karena alasan kesehatan.

Siapa Sugiono, Menlu RI di Kabinet Prabowo-Gibran?

Presiden RI ke-8 Prabowo Subianto menunjuk Wakil Ketua Umum Gerindra Bidang Kaderisasi dan Informasi Strategis Sugiono sebagai Menteri Luar Negeri RI pada Minggu (20/10).

Dengan ini, Sugiono merupakan Menlu RI pertama yang bukan berasal dari diplomat karir sejak 2001. Menlu RI terakhir yang berasal dari politikus dan bukan diplomat karir ialah Alwi Shihab di era Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur pada 1999-2001.

Sebelum didapuk menjadi Menlu RI, Sugiono menjabat sebagai Wakil Ketua KomisiI DPR RI.

(rds)


[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *