Israel Ungkap Cara Pastikan Pemimpin Hamas Yahya Sinwar Terbunuh




Jakarta, Indonesia

Israel mengungkapkan cara identifikasi bahwa jenazah di salah satu bangunan di Jalur Gaza bagian selatan, Kamis (17/10), merupakan pemimpin Hamas, Yahya Sinwar.

Militer dan kepolisian Israel mengatakan telah melakukan proses identifikasi melalui tes DNA terhadap jenazah yang diyakini merupakan Yahya Sinwar.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hasilnya terdapat kecocokan DNA dari jenazah tersebut.

Identifikasi lainnya yang dilakukan Israel adalah pengecekan struktur gigi untuk memastikan jenazah tersebut merupakan Yahya Sinwar, seperti dikutip dari .

Pejabat militer Israel menyatakan bahwa identifikasi melalui struktur gigi relatif lebih cepat dan akurat.

Israel sendiri mengklaim memiliki data biometrik Yahya Sinwar karena bos Hamas tersebut pernah 20 tahun mendekam di penjara Israel.

Militer Israel sebelumnya mengumumkan kematian Yahya Sinwar.

“Setelah merampungkan hasil tes terhadap mayat itu, bisa dikonfirmasi bahwa Yahya Sinwar telah terbunuh,” demikian keterangan pihak militer Israel, seperti dikutip dari Al Jazeera.

“Lusinan operasi yang dilakukan (oleh militer Israel) dan ISA (Shin Bet, Badan Keamanan Dalam Negeri Israel) selama setahun terakhir dan beberapa pekan belakangan di area ia dibunuh telah membatasi ruang gerak Yahya Sinwar oleh pasukan Israel hingga kematiannya,” militer Israel menambahkan.

Pengumuman kematian Yahya Sinwar juga diumumkan Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz.

“Pembunuh massal Yahya Sinwar, yang bertanggung jawab atas pembantaian dan kekejaman pada tanggal 7 Oktober telah dihabisi hari ini oleh tentara IDF (militer Israel),” kata Katz dalam pernyataan resmi, dikutip Reuters, Jumat (18/10)

Sejauh ini, Hamas belum mengeluarkan komentar resmi terkait informasi terbunuhnya pemimpin mereka.

(bac)


[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *