Istana Minta Pemilik Gedung di Sudirman Ikut Sambut Pelantikan Prabowo




Jakarta, Indonesia

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono meminta kepada petinggi sejumlah perusahaan di sepanjang jalan Sudirman-Thamrin untuk mengerahkan karyawan guna menyambut pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming, Minggu (20/10).

“Diharapkan pemilik-pemilik gedung sekitar Sudirman-Thamrin bisa mengerahkan karyawannya untuk bisa menyambut acara di tanggal 20 Oktober, jadi sekitar Sudirman-Thamrin,” kata Heru di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (18/10).

Heru juga menyampaikan hari Bebas Kendaraan Bermotor atau car free day (CFD) di kawasan Sudirman-Thamrin akan ditiadakan dan diganti menjadi panggung hiburan rakyat yang akan tersebar di 13 titik.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Budi mengatakan hiburan rakyat itu hasil kerja sama dengan BUMN dan BUMD DKI Jakarta.

“Kami persilakan kepada masyarakat di panggung-panggung tersebut, ada hiburan sudah disiapkan dan juga ada doorprize. Jadi masyarakat bisa menyaksikan dan diharapkan bisa berpartisipasi,” ujarnya.

Adapun berdasarkan informasi yang dihimpun, panggung-panggung hiburan nanti akan diisi oleh sejumlah musisi dan artis papan atas.

Untuk sesi pagi atau pukul 08.30 WIB, panggung hiburan ada di area FX Sudirman dan area gate 7 GBK.

Kemudian, sesi siang atau pukul 10.00 WIB, panggung hiburan ada di area Kantor Pusat BRI, area Intiland, area Stasiun MRT Setiabudi Astra, area Graha BNI Dukuh Atas, area Grand Hyatt Bundaran HI, area setelah Kedutaan Jepang, area Patung Kuda, dan area depan Museum Nasional.

Selanjutnya, sesi sore atau pukul 14.00 WIB, panggung hiburan ada di area Patung Kuda, area anjungan Sarinah, area depan Mandarin Oriental Hotel, dan area depan Chillax.

Prabowo-Gibran rencananya akan menghampiri satu per satu panggung ‘Pesta Rakyat’ di sepanjang Jalan Sudirman hingga Istana Merdeka, Jakarta usai pelantikan.

“Mas Gibran dan Pak Prabowo nanti diagendakan pulang dari DPR akan menyambangi panggung satu per satu, menyapa satu per satu,” kata Nusron di Media Center TKN, Jakarta, Jumat.

Nusron menjelaskan akan ada tujuh panggung yang berdiri di sepanjang jalan untuk meramaikan pelantikan Prabowo-Gibran nanti.

Ia menyampaikan acara itu terbuka untuk masyarakat umum dan siapapun boleh hadir meramaikan.

Selain itu, Nusron mengatakan acara itu juga akan turut diramaikan dengan UMKM yang menjajakan makanan di pinggir jalan.

“Kemudian panggung 7 namanya panggung IKN di pintu masuk Monas. Pemainnya namanya Dewa, Ahmad Dhani,” ucapnya.

Prabowo-Gibran akan dilantik oleh MPR di kompleks parlemen pada Minggu (20/10).

Rencananya, pengucapan sumpah Presiden RI dan Wakil Presiden RI dilaksanakan pukul 10.28 WIB. Dilanjutkan dengan proses administrasi lain dan pidato pertama Presiden Prabowo Subianto.

Sidang paripurna MPR pelantikan presiden dan wakil presiden dijadwalkan selesai pukul 11.23 WIB. Setelah itu, rencananya Prabowo akan langsung ke Istana Negara.

Ditlantas Polda Metro Jaya telah menyiapkan skema rekayasa lalu lintas di sepanjang Senayan hingga Harmoni saat pelantikan presiden dan wakil presiden.

Penerapan rekayasa lalu lintas ini sifatnya situasional. Polisi mengupayakan masyarakat untuk tetap melintas selama situasi memungkinkan.

“Akan ada beberapa pengalihan arus yang akan kita lakukan, seperti di Harmoni, Patung Kuda, Bundaran HI, Semanggi, begitu juga di Bundaran Senayan, inilah yang akan tentunya kita akan melihat betul jalurSudirman-Thamrin,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman kepada wartawan, Jumat.

(khr/mnf/wis)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *