Jabat Kepala BNPB, Suharyanto Janji Bergegas Bantu Korban Bencana



Jakarta, Indonesia —

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Mayjen TNI Suharyanto mengklaim akan merespons cepat bencana dan semakin responsif membantu masyarakat terdampak.

Hal itu disampaikan sesaat setelah dirinya dilantik Presiden Joko Widodo sebagai (Jokowi) Kepala BNPB pada hari ini, Rabu (17/11) di Istana Negara. Ia menggantikan Letnan Jenderal TNI Ganip Warsito yang sebentar lagi memasuki masa purna tugas atau pensiun.

“Pada saat terjadi bencana, BNPB akan hadir dalam waktu yang sesingkat-singkatnya untuk membantu agar masyarakat yang terdampak bencana ini segera mendapat pertolongan dan segera mendapat hak-hak hidup yang mendasar,” kata Suharyanto dalam keterangan tertulis, Rabu (17/11).

Menurutnya, bentuk tanggap bencana yang bakal dilakukannya adalah dengan meningkatkan kesiapsiagaan bencana, edukasi, mitigasi, tanggap darurat, hingga proses rehabilitasi dan rekonstruksi.

Ia memahami bahwa secara geografis, Indonesia tidak bisa lepas dari potensi bencana mulai dari bencana hidrometrologi, geologi, vulkanologi, hingga bencana non alam seperti pandemi virus corona (covid-19) yang menjangkiti Indonesia dalam 20 bulan terakhir.

“Banyak gempa, kemudian di pengujung dan awal tahun seperti ini banjir di mana-mana, ini perlu kehadiran BNPB,” kata dia.

Lebih lanjut, mantan Kepala Staf Kodam Jaya ini juga mengaku telah diwanti-wanti Presiden Jokowi untuk bekerja secara maksimal dalam menanggulangi sejumlah bencana alam maupun pagebluk pandemi covid-19 yang menyerang Indonesia secara bersamaan.

Selain itu, ia mewanti-wanti ancaman bencana alam lain lantaran saat ini tengah memasuki musim penghujan dengan ditambah fenomena La Lina.

Pada November hingga Februari sebagian besar wilayah di Tanah Air mengalami fenomena La Nina yang dapat memicu terjadinya peningkatan frekuensi dan intensitas curah hujan dari 20 persen hingga 70 persen.

“Bapak presiden berpesan kepada kami, ini musim bencana sehingga kami harus segera bekerja,” ujarnya.

Selain melantik Suharyanto sebagai Kepala BNPB baru, Presiden Jokowi pada hari ini juga melantik Jenderal Andika sebagai Panglima TNI, dan Letjen Dudung Abdurachman sebagai Kepala Staf Angkatan Darat.

(khr/arh)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *