Jadwal Piala AFF Berubah, Thom Haye dan Hilgers Bisa Bela Indonesia?




Jakarta, Indonesia

Jadwal Piala AFF yang berubah membuat Timnas Indonesia bisa saja diperkuat pemain-pemain yang saat ini berlaga di Liga Belanda seperti Thom Haye, Mees Hilgers, dan Calvin Verdonk meskipun tidak dalam satu kompetisi penuh.

Piala AFF awalnya direncanakan digelar pada 21 November hingga 21 Desember 2024. Berkaitan dengan jadwal tersebut, Timnas Indonesia dipastikan tidak akan bisa diperkuat pemain-pemain yang sedang merumput di Eropa.

Hal itu lantaran kompetisi masih terus berlangsung tanpa ada jeda internasional. Selain itu lantaran Piala AFF tidak masuk kalender resmi FIFA, maka klub tidak punya kewajiban melepas pemain ke tim nasional.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun kini Piala AFF mengalami perubahan jadwal. Piala AFF 2024 bakal dilangsungkan pada 9 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025. Perubahan ini membuka peluang bagi Timnas Indonesia untuk memanggil pemain-pemain yang berlaga di Liga Belanda.

Memang dari alur waktu, pemain-pemain di Liga Belanda tidak akan bisa mengikuti Piala AFF 2024 dalam satu turnamen penuh. Namun mereka bisa saja memperkuat Timnas Indonesia di fase akhir kompetisi.

Liga Belanda terakhir kali dimainkan pada 21-22 Desember 2024. Setelah itu Liga Belanda libur dan kembali dimainkan pada 11-12 Januari 2025.

Dari jadwal Piala AFF terbaru, fase grup telah selesai di 21 Desember 2024. Namun babak semifinal yang berlangsung dalam format dua leg baru akan dimulai pada 26 Desember 2024.

Hal ini membuat pemain-pemain Liga Belanda seperti Thom Haye, Calvin Verdonk, Mees Hilgers, Ivar Jenner, dan Eliano Reijnders bisa saja memperkuat Timnas Indonesia untuk laga babak semifinal dan final.

Namun tentunya semua itu tidak mudah diwujudkan. Tidak mungkin Timnas Indonesia bakal membiarkan lima slot kosong dari batas skuad untuk pemain-pemain Eredivisie yang baru bisa berlaga di babak semifinal. Terlalu riskan untuk rotasi pemain di dalam tim dalam menjalani laga di fase grup yang terbilang berat.

Hal yang paling logis mungkin memanggil 1-2 pemain. Namun itu juga bergantung pada jadwal dan program pemain serta keputusan klub tempat pemain bernaung. Saat Piala AFF berlangsung, klub sedang dalam libur kompetisi namun bukan berarti pemain bisa mengambil keputusan sendiri untuk membela Timnas Indonesia.

[Gambas:Video ]

(har)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *