Jakarta Biennale Kembali Usai Vakum 4 Tahun



Jakarta, Indonesia —

Pameran seni rupa Jakarta Biennale kembali hadir setelah vakum empat tahun. Jakarta Biennale 2021 akan mengusung tema ESOK yang dipersembahkan bagi Jakarta serta seluruh warganya yang terdampak pandemi Covid-19.

Tema yang diusung Dolorosa Sinaga serta Farah Wardani selaku Direktur Artistik dan Direktur Program Jakarta Biennale itu disebut hadir untuk membangun masa depan yang penuh harapan dan lebih kreatif.

“JB2021: ESOK tidak dimaksudkan sebagai sebuah kegiatan seni ‘blockbuster’ dan juga tidak mengikuti model seni global yang ‘mapan’,” kata Farah dalam pernyataan yang diterima Indonesia.com, Kamis (18/11).

“Tetapi justru untuk membantu perkembangan karya-karya berkualitas tinggi dan punya arti secara sosial, yang dihasilkan oleh para seniman, komunitas, warga, dan kolektif,” tuturnya.

Farah mengatakan Jakarta Bienalle 2021 merupakan hasil kolaborasi jarak jauh dan terpencil, “Karya-karya ini adalah kemenangan atas kesulitan, sebagai kado bagi kota yang telah sangat menderita karena pandemi.”

Dengan tema seperti itu, Farah berharap Jakarta Biennale dapat menguatkan solidaritas lintas batas, lintas gender, dan lintas sejarah untuk kemajuan bersama menuju masa depan yang lebih baik.

Perhelatan seni rupa kontemporer yang sudah diadakan sejak 1974 di Indonesia ini akan dibuka pada 21 November 2021 hingga 21 Januari 2022.

Perhelatan seni rupa kontemporer dua tahunan ini digelar di di Museum Nasional, Museum Kebangkitan Nasional (STOVIA), dan ruang-ruang publik di kawasan Jakarta Pusat.

Karya-karya yang ditampilkan dalam Jakarta Biennale 2021 tahun ini merupakan hasil karya 38 seniman Indonesia dan internasional, seperti Amerika Serikat, Cina dan Korea Selatan.

Berbagai kegiatan akan diadakan di Jakarta Biennale 2021, termasuk simposium publik tentang aktivisme seni, kemanusiaan, dunia hiper-digitalisasi dalam konteks hak asasi manusia, gangguan digital, kejahatan dunia maya, dan kondisi post-human.

Selain itu, pameran ini juga mengadakan program-program yang melibatkan publik, seperti Guided Tour untuk masyarakat, berbagai workshop seni, dan pemutaran film.

[Gambas:Instagram]

(fby/chri)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *