Jay Idzes Absen di Indonesia vs Jepang, Ujian Berat STY




Jakarta, Indonesia

Jay Idzes bakal absen dalam laga Timnas Indonesia versus Jepang pada 15 November 2024 karena akumulasi kartu kuning. Ini akan jadi ujian berat bagi Shin Tae Yong.

Idzes mendapat kartu kuning kedua selama Kualifikasi Piala Dunia 2026 saat melawan China (15/10). Pengguna nomor punggung tiga ini kena kartu kuning pada menit ke-90+8.

Adapun kartu kuning pertama didapat Idzes saat melawan Vietnam di Hanoi pada 26 Maret 2024. Ketika itu Idzes turut mencetak gol dalam kemenangan 3-0 tersebut.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Mengacu regulasi Kualifikasi Piala Dunia 2026, yakni ‘FIFA World Cup 2026 Preliminary Competition’ pemain yang mendapat dua kartu kuning harus absen dalam satu pertandingan.

Itu tertuang dalam bab ‘Prosedur Disiplin’ tepatnya pada pasal 9 tentang kartu kuning dan kartu merah. Perihal kartu kuning ini dijelaskan pada ayat ketiga dengan sangat jelas.

“Jika pemain atau staf tim menerima dua peringatan [kartu kuning] dalam satu pertandingan atau dalam dua kompetisi berbeda, otomatis ditangguhkan dari pertandingan berikutnya.”

Pemain Indonesia yang sudah menjalani akumulasi seperti ini adalah Justin Hubner dan Sandy Walsh. Hubner absen saat melawan Arab Saudi dan Sandy ketika melawan Vietnam di Hanoi.

Selain Idzes, pemain lainnya yang akan absen dalam laga Indonesia versus Jepang adalah Ivar Jenner. Pemuda 22 tahun ini mendapat kartu kuning dalam dua laga terakhir.

Jenner dapat kartu kuning pada menit ke-41 saat melawan China (15/10) dan kartu kuning di menit ke-90+9 ketika jumpa Bahrain (10/10). Ini membuat Jenner absen lawan Jepang.

Namun, absennya Jenner tidak terlalu mengkhawatirkan. Pasalnya masih ada Thom Haye, Nathan Tjoe-A-On, dan Ricky Kambuaya. Dua nama pertama sering dijadikan pilihan utama.

Beda cerita dengan Idzes, sejak debut melawan Vietnam di Jakarta, posisi Idzes tak tergantikan. Bahkan, bisa dibilang, Idzes menjadi pilar utama sistem pertahanan Garuda.

Karena itu, kecerdasan strategi Shin Tae Yong akan diuji saat melawan Jepang. Tanpa Idzes, seperti apa sistem pertahanan yang akan dibangun agar tidak jadi bulan-bulanan Jepang.

[Gambas:Video ]

(abs/jal)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *