Jelang Lengser, Jokowi Teken Nama Capim & Calon Dewas KPK




Jakarta, Indonesia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan telah menandatangani dokumen hasil akhir seleksi calon pimpinan (capim) dan calon dewan pengawas (dewas) KPK. Ia menjelaskan panitia seleksi (pansel) menyerahkan dokumen itu kepadanya pada Selasa (1/10).

“Capim KPK sudah saya tandatangani kemarin (Senin) sore,” kata Jokowi usai meresmikan Gedung Amanah Youth Creative Hub di Aceh Besar, Selasa (15/10).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun, Jokowi tidak menjawab apakah daftar nama 10 capim dan 10 cadewas KPK tersebut sudah diserahkan ke DPR. Ia hanya menegaskan sudah menandatangani laporan tersebut karena dibatasi waktu.

“Sudah saya tandatangani calon-calonnya, baik calon untuk capimnya, maupun untuk Dewasnya, kita dibatasi oleh waktu,” ujarnya.

Pansel menyerahkan nama-nama capim dan calon dewas yang lolos tahapan akhir seleksi ke Jokowi di Ruang Holding Base Off Lanud Halim Perdanakusuma pada 1 Oktober 2024.

Jumlah nama yang diserahkan Pansel KPK yakni masing-masing 10 untuk capim dan 10 untuk calon dewas KPK. Nantinya nama-nama itu akan diberikan ke DPR untuk selanjutnya mengikuti uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test).

Adapun 10 calon pimpinan KPK yang lolos yakni Agus Joko Pramono, Ahmad Alamsyah Saragih, Djoko Poerwanto, Fitroh Rohcahyanto, Ibnu Basuki Widodo, Ida Budhiati, Johanis Tanak, Michael Rolandi Cesnanta Brata, Poengky Indarti, dan Setyo Budiyanto.

Sementara untuk 10 calon dewas yang lolos yakni Benny Jozua Mamoto, Chisca Mirawati, Elly Fariani, Gusrizal, Hamdi Hassyarbaini, Heru Kreshna Reza, Iskandar Mz, Mirwazi, Sumpeno, dan Wisnu Baroto.

(khr/tsa)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *