Jelang Pelantikan Panglima TNI, Jokowi Bertemu Andika-Hadi Sore Ini



Jakarta, Indonesia —

Presiden Joko Widodo memanggil Jenderal Andika Perkasa dan Marsekal Hadi Tjahjanto jelang pelantikan panglima baru TNI di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (16/11) sore.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Jokowi langsung bertolak ke Istana Bogor seusai peresmian jalan tol di Serang, Banten. Kemudian, ia menggelar pertemuan dengan dua pimpinan TNI itu.

“Ya, kan mau serah terima,” kata sumber Indonesia.com  soal pertemuan itu pada Selasa (16/11).

Sumber tersebut tidak membeberkan isi pertemuan antara Jokowi, Andika, dan Hadi. Namun, ia menyebut pertemuan terkait suksesi kepemimpinan di tubuh TNI.

“Mungkin bicara proses pelantikan besok,” ujar sumber tersebut.

Jokowi akan melantik Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI besok, Rabu (17/11). Pelantikan akan digelar di Istana Negara, Jakarta.

Andika sendiri sudah disetujui DPR sebagai Panglima TNI usulan Jokowi. Mantan Komandan Pasukan Pengawal Presiden (Paspampres) Jokowi itu mendapat dukungan seluruh fraksi di DPR.

Ia akan menggantikan posisi Marsekal Hadi Tjahjanto yang memasuki masa pensiun sejak 8 November 2021.

Posisi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) akan kosong ditinggal Andika. Sejumlah nama perwira tinggi TNI AD masuk bursa KSAD. Beberapa di antaranya adalah Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen Dudung Abdurachman dan Kepala Staf Umum TNI Letjen Eko Margiyono

(dhf/arh)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *