Jelang WSBK Mandalika Toprak Respons Rumor ke MotoGP


Jakarta, Indonesia —

Pembalap Yamaha Toprak Razgatlioglu merespons rumor pindah ke MotoGP jelang WSBK Mandalika 2021 di Sirkuit Mandalika, 19-21 November.

WSBK Mandalika jadi seri penentu bagi Toprak dan juga Jonathan Rea yang tengah memburu gelar juara WSBK 2021.

Di tengah peluang juara itu, rumor tawaran bagi Toprak pindah ke MotoGP muncul. Akan tetapi, Toprak menilai gelar juara WSBK saat ini lebih penting ketimbang menguji motor MotoGP milik Yamaha, YZR-M1.

Sebelumnya Toprak dijadwalkan melakukan uji coba YZR-M1 di Sirkuit Mandalika akhir pekan ini.

“Saya sempat ngobrol dengan Yamaha. Dan saya katakan bahwa tes MotoGP tidak begitu penting saat ini, saya lebih memilih fokus pada Kejuaraan Dunia Superbike,” ujar Toprak dikutip dari Corsedimoto.




Kuda besi milik legenda balap MotoGP Yamaha, Valentino Rossi, YZR M-1 diboyong ke   Jakarta Fair Kemayoran 2019. Motor ini menjadi pajangan di area ‘Monster Energy’ stand Yamaha Indonesia pada pameran yang berlangsung di Kemayoran itu.Ilustrasi motor YZR-M1. ( Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)

“Saya berharap kami akan memenangkan kejuaraan. Dalam tes awal musim saya akan menguji [motor] MotoGP saya tidak tahu kapan, tapi mungkin akan menjadi tes awal musim. Mungkin di Jerez dengan motor [Cal] Crutchlow,” ucap Toprak menambahkan.

Toprak dipilih jadi salah satu pembalap penguji motor MotoGP Yamaha karena karakter membalapnya yang agresif, terutama saat pengereman.




Banner Video Highlights MotoGP 2021

Meski demikian, pembalap asal Turki memiliki standar tersendiri untuk pindak dari WSBK ke MotoGP. Menurut laporan tersebut, Toprak hanya akan pindah ke MotoGP apabila mendapatkan motor resmi pabrikan.

“Jika saya tidak menyukai itu, saya akan tetap di World Superbike. Jika saya tidak mendapatkan kontrak yang bagus, saya tidak akan pergi ke MotoGP. Saya juga butuh kontrak yang bagus di MotoGP. Saya ingin motor resmi,” kata pembalap 25 tahun itu yang memiliki kontrak dengan Yamaha hingga 2023 mendatang.

(sry/nva)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *