Jokowi Ajak Menteri Mampir ke Rumah di Solo Usai Lengser




Jakarta, Indonesia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempersilakan para menteri, wakil menteri, dan kepala badan di Kabinet Indonesia Maju untuk mampir ke kediamannya di Surakarta, Jawa Tengah pasca dirinya purnatugas per 20 Oktober 2024.

Ajakan itu disampaikan Jokowi dalam acara jamuan makan siang di Istana Negara, Jakarta, Jumat (18/10) yang diikuti seluruh ‘anak buah’ periode 2019-2024.

“Hari Minggu siang saya akan pulang ke Solo. Kalau ada yang pas ke Jogja, 30 menit nanti lewat tol bisa silakan kalau ada yang ingin ke Solo,” kata Jokowi melalui keterangan tertulis Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Jumat (18/10).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Kalau pakai jalan tol ada yang ke Surabaya lewatnya pasti harus lewat Solo, silakan juga kalau ingin mampir ke rumah,” imbuhnya

Jokowi kemudian menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran pengisi kabinet yang selama ini sudah membantu dirinya di pemerintahan. Ia pun berharap apa yang sudah dilakukan dirinya dan para menteri saat ini maupun terdahulu bermanfaat bagi negara.

“Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan, atas support, atas kerja keras untuk negara ini,” kata dia.

Ia turut mengucapkan permintaan maaf kepada seluruh jajarannya jika selama masa interaksi dan kerja sama ada hal-hal yang kurang berkenan.

Tak hanya itu, Jokowi menyampaikan selamat kepada Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan kabinet barunya yang akan segera bertugas.

Ia pun mengingatkan perjalanan mereka selama ini yang menurutnya dilalui banyak momen penting dan berbagai dinamika.

“Kita telah lalui bersama-sama, banyak tantangan-tantangan yang kita diskusikan, kita debatkan, kita ramaikan di dalam rapat-rapat kabinet, rapat terbatas, dan rapat internal,” ujar Jokowi.

Setelah sambutan singkat tersebut, makan siang pun dimulai. Hidangan prasmanan disediakan dengan beragam menu khas Indonesia, mulai dari soto bangkong, asinan, nasi liwet, kambing guling, pempek, hingga mie ayam.

Di meja utama, Presiden Jokowi duduk bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Mensesneg Pratikno, serta Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Di tengah acara, Jokowi berpindah meja untuk menghampiri para menteri yang lain.

Jokowi hari ini memanggil semua menteri Kabinet Indonesia Maju ke istana. Ia mengundang para menteri untuk makan siang bersama di hari kerja terakhir kabinet.

Adapun Jokowi akan resmi purnatugas pada 20 Oktober 2024 setelah satu dekade memimpin Indonesia. Jokowi akan digantikan oleh pemenang Pilpres 2024 Prabowo Subianto.

Pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029 akan digelar di Senayan, Jakarta, Minggu (20/10).

Mereka bakal dilantik melalui Sidang Paripurna MPR. Ketua MPR Ahmad Muzani menjelaskan, mekanisme pelantikan Prabowo-Gibran dipastikan masih menggunakan aturan yang lama.

(khr/pta)

[Gambas:Video ]





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *