Jokowi dan Iriana Tanam Pohon Pulai dan Flamboyan di Istana




Jakarta, Indonesia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana menanam pohon di halaman tengah Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (17/10) sore.

Jokowi menanam pohon Pulai (Alstonia scholaris), sedangkan Iriana menanam pohon Flamboyan (Delonix regia).

Kegiatan itu dilakukan Jokowi dan Iriana sebelum resmi purnatugas per 20 Oktober 2024. Selain itu, aksi tanam pohon itu menjadi bagian dari upaya pemerintah dalam menggalakkan penghijauan dan pelestarian lingkungan di kawasan istana.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Kehadiran pohon Pulai dan Flamboyan yang dikenal dengan keindahan dan manfaat ekologisnya juga diharapkan dapat memperindah lingkungan istana serta memberi manfaat jangka panjang bagi generasi mendatang,” tulis Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden melalui keterangan tertulis, Kamis (17/10).

Pohon Flamboyan yang ditanam oleh Iriana dikenal dengan bunganya yang berwarna cerah dan sering kali dianggap sebagai bunga yang melambangkan kecantikan dan harapan.

Sementara itu, pohon Pulai, yang dipilih oleh Jokowi memiliki makna simbolis dalam ketahanan dan kekuatan. Hal itu dianggap merepresentasikan visi jangka panjang pemerintahan terhadap pembangunan berkelanjutan.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden Rika Kiswardani, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana.

Adapun Presiden Jokowi akan resmi purnatugas pada 20 Oktober 2024 setelah satu dekade memimpin Indonesia. Jokowi akan digantikan oleh pemenang Pilpres 2024 Prabowo Subianto.

Pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029 akan digelar di Senayan, Jakarta, Minggu (20/10).

Mereka bakal dilantik melalui Sidang Paripurna MPR. Ketua MPR Ahmad Muzani menjelaskan, mekanisme pelantikan Prabowo-Gibran dipastikan masih menggunakan aturan yang lama.

(khr/isn)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *