Jokowi Pulang Kampung ke Solo Usai Lengser



Jakarta, Indonesia

Joko Widodo (Jokowi) pulang ke kampung halaman di Surakarta atau Solo, Jawa Tengah, usai lengser dari kursi kepresidenan, Minggu (20/10).

Ketua MPR RI sekaligus Sekretaris Jenderal Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, Jokowi akan ke Solo usai menyambut presiden yang baru dilantik, Prabowo Subianto di Istana Merdeka.

Prabowo dan Jokowi akan memasuki Istana secara bersamaan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Enggak lama kemudian Pak Jokowi akan meninggalkan Istana menuju Kota Solo,” kata Muzani ke para jurnalis di Kompleks DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta, Sabtu (19/10).

Di kesempatan terpisah, Jokowi juga mengonfirmasi kepulangan dia ke Solo.

Dia menyebutkan rencana pulang kampungnya dalam jamuan makan siang di Istana Negara, Jumat (18/10). Acara ini diikuti seluruh anggota kabinet Jokowi periode 2019-2024.

“Hari Minggu siang saya akan pulang ke Solo,” kata Jokowi dalam keterangan tertulis Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

Dia juga mempersilakan para menteri, wakil menteri, dan kepala badan di Kabinet Indonesia Maju yang ingin mampir ke rumahnya.

“Kalau ada yang pas ke Jogja, 30 menit nanti lewat tol bisa silakan kalau ada yang ingin ke Solo,” ujar Jokowi.

Dia kemudian berkata, “Kalau pakai jalan tol ada yang ke Surabaya lewatnya pasti harus lewat Solo, silakan juga kalau ingin mampir ke rumah.”

Jokowi lalu menyampaikan terima kasih ke seluruh jajaran pengisi kabinet yang selama ini sudah membantu dia di pemerintahan.




Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpamitan kepada seluruh menteri, wakil menteri, dan kepala badan di Kabinet Indonesia Maju. Sambutan terakhir itu disampaikan Jokowi dalam acara jamuan makan siang di Istana Negara, Jakarta, Jumat (18/10).Jokowi berpamitan ke jajaran Kabinet Indonesia Maju pada Jumat (18/10). (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Dia turut meminta maaf ke seluruh jajarannya jika selama masa interaksi dan kerja sama ada hal-hal yang kurang berkenan.

Untuk mengantar kepulangan Jokowi, Ditlantas Polda Metro Jaya menyiapkan pengamanan khusus.

Polda Metro Jaya mengerahkan personel untuk mengantar Jokowi menuju Bandara Halim Perdanakusuma untuk terbang ke Solo.

Polisi juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas dan pengalihan arus dari sepanjang Sudirman-Thamrin.

Sesampainya di Solo, Jokowi akan disambut warga, aparatur sipil negara (ASN), hingga pelajar.

Mereka diarahkan untuk berjajar di sepanjang jalan yang akan dilalui Jokowi dari Bandara Adi Soemarmo menuju kediaman pribadi di Kelurahan Sumber.

(isa/asr)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *