Jokowi Sempatkan Beli Noken Sebelum Tutup Peparnas Papua



Jakarta, Indonesia —

Presiden Joko Widodo singgah untuk berbelanja noken di Pasar Noken Taman Imbi, Jayapura, Sabtu (13/11). Deputi Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan, peristiwa Jokowi membeli noken itu di luar agenda yang telah dijadwalkan.

Bey menjelaskan, momen itu terjadi usai Jokowi menyaksikan pertandingan Judo di Peparnas ke-XVI di GOR Trikora Jayapura. Usai dari sana, Jokowi memang diagendakan untuk menyaksikan pertandingan bulu tangkis di GOR Cendrawasih.

“Namun saat melintas di Pasar Noken Taman Imbi, Presiden dan rombongan menghentikan kendaraannya,” kata Bey dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (13/11).

Bey mengatakan, di pasar tersebut, Presiden Jokowi dan rombongan membeli sejumlah Noken dan beberapa kerajinan khas Papua. Hal itu kemudian disambut meriah oleh para penjual.

Menurut Bey, para mama yang berjualan di pasar tersebut pun mengaku senang, Presiden Jokowi mampir dan berbelanja di sana.

Apalagi rombongan Presiden termasuk anggota Paspampres juga ikut membeli tas khas Papua tersebut dan langsung memakainya.

Jokowi tiba di Papua sejak Sabtu pagi waktu setempat setelah sehari sebelumnya ia menjajal Sirkuit Internasional Mandalika. Di Papua, Jokowi diagendakan untuk menutup Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) ke-XVI yang rencananya digelar malam nanti.

Sebelumnya, pada pembukaan PON ke-XX, Jokowi juga sempat membeli noken. Saat itu, Jokowi tiba-tiba keluar dari mobil, lalu menghampiri lapak-lapak di Jalan Hawai Sentani, Kabupaten Jayapura.

(dmi/ain)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *