Jokowi usai 16 Menterinya Dipanggil Prabowo: Namanya Berkelanjutan




Jakarta, Indonesia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara usai belasan menteri dan wakil menteri di Kabinet Indonesia Maju dipanggil oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto ke rumah pribadinya di Jalan Kertanegara, Jakarta, Senin (14/10).

Adapun mereka digadang-gadang akan menjadi ‘anak buah’ Prabowo di pemerintahan berikutnya. Melihat hal itu, Jokowi pun meyakini Prabowo sudah mempertimbangkan banyak hal sebelum kemudian memanggil menteri-menterinya itu.

“Saya kira melalui pertimbangan matang, melalui seleksi-seleksi, melalui pengalaman beliau bergaul dan berinteraksi selama lima tahun,” kata Jokowi dalam video yang diunggah melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (15/10).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jokowi pun tak menampik mayoritas dari 16 menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju yang dipanggil Prabowo itu berasal dari kementerian yang berhubungan dengan sektor ekonomi.

Menurut Jokowi, hal itu semakin menunjukkan bahwa ada proses keberlanjutan antara dirinya dengan Prabowo.

“Memang hampir tim ekonomi yang ada memang, yaitu yang namanya keberlanjutan, ya itu,” kata dia.

Di sisi lain, Jokowi juga menekankan pemilihan sosok menteri di pemerintahan Prabowo-Gibran Rakabuming Raka merupakan kewenangan seutuhnya Prabowo.

Ia menegaskan setiap presiden memiliki hak prerogatif yang harus dihormati oleh seluruh pihak.

“Siapapun yang dipilih, kita semuanya menghargai,” ujar Jokowi.

Adapun menteri dan wakil menteri Jokowi yang dipanggil Prabowo pada panggilan kloter 1 yakni Mensos Saefullah Yusuf atau Gus Ipul, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Mendag Zulkifli Hasan, Menteri ESDM Bahlil Lahadalia, dan Mendagri Tito Karnavian.

Kemudian Wamen ATR/BPN Raja Juli Antoni, Menperin Agus Gumiwang, Mensesneg Pratikno, Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono, Menteri BUMN Erick Thohir, Menpora Dito Ariotedjo.

Lalu Menkes Budi Gunadi Sadikin, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menkeu Sri Mulyani, Menteri Investasi Rosan Roeslani, dan Wamenhan Herindra.

(khr/isn)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *