Kabel Semrawut di RI Segera Dikubur Tahun Depan, Mulai dari Jakarta




Jakarta, Indonesia

Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (Apjatel) akan gencar melakukan penataan kabel di kota-kota besar Indonesia dengan memindahkannya ke dalam tanah mulai 2025.

Langkah tersebut merupakan salah satu solusi menangani kabel semrawut yang sering menjadi persoalan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Iya, Apjatel tahun depan salah satu program strategisnya adalah penataan jaringan utilitas fiber optik secara nasional. Saat ini masih berproses bersama konsultan dan tim internalnya Apjatel, misalnya relokasi yang kita lakukan di Jabodetabek yang kabel tanam,” ujar Ketua Umum Apjatel Jerry Mangasas Siregar di sela Musyawarah Nasional (Munas) III Apjatel, Bogor, Kamis (24/10).

Jerry menyebut proses penataan kabel ini akan dimulai pada kuartal kedua 2025 dengan fokus di kota-kota besar terlebih dulu, salah satunya Jabodetabek.

Menurut Jerry, penataan ini akan membuat kabel tak lagi mengganggu aktivitas, seperti pejalan kaki, masyarakat yang berolahraga, dan aktivitas lain di sekitar area kabel.

Sementara daerah lain, Jerry yang menjabat lagi sebagai Ketua Umum Apjatel periode 2024-2027 ini mengatakan masalah kabel semrawut akan ditangani dengan konsep tiang bersama, satu tiang untuk memfasilitasi kabel-kabel dari berbagai operator telekomunikasi.

“Di beberapa daerah nanti akan kita sambungkan dengan tiang bersama. Jadi daripada 12 tiang sampai lelah dia dengan kabel numpuk, bahkan ada cerita orang celaka, ya sampai meninggal,” kata Jerry.

Lebih lanjut, Jerry berharap rencananya ini juga bisa direspons pemerintah. Pasalnya, penataan kabel fiber optik memerlukan biaya yang tidak sedikit.

“Kalau menata jaringan ini butuh biaya besar. Nah, kita berharap negara juga campur tangan, membantu di sana, baik APBN dan APBD karena sekarang ada menteri khusus infrastruktur,” tandasnya.

(lom/dmi)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *