Kalah 5 Kali, Dibobol 13 Gol



Jakarta, Indonesia —

Jelang laga Indonesia vs Vietnam di Piala AFF 2021 (Piala AFF 2020), pelatih Park Hang Seo memiliki catatan yang cukup meyakinkan.

Hang Seo seperti memiliki formula ampuh tiap kali bertemu Timnas Indonesia di berbagai ajang, baik di level senior maupun di kancah junior.

Hang Seo adalah pelatih yang sudah menangani Vietnam sejak 2017. Selain menangani timnas senior, Hang Seo juga ditunjuk menjadi juru latih timnas Vietnam U-23.

Dengan dua jabatan, Hang Seo pun kerap bertemu wakil-wakil Indonesia di lapangan hijau. Pelatih asal Korea itu pertama bertemu dengan skuad Garuda di ajang kualifikasi Piala Asia U-23 2020.

Vietnam menang tipis berkat gol tunggal Trieu Viet Hung pada menit-menit akhir laga.

Selanjutnya pertemuan Hang Seo dengan Timnas Indonesia terjadi di SEA Games 2019. Tak hanya sekali, Hang Seo dua kali menekuk tim Merah Putih di arena sepak bola dalam pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara.

Di fase grup, Indonesia kalah 1-2. Kemudian dalam laga final, Evan Dimas dan kawan-kawan kalah 0-3.

Setelah itu, Hang Seo dua kali berjumpa Timnas Indonesia di level senior. Dalam pertemuan pertama di kualifikasi Piala Dunia 2022, yang berlangsung di Bali, Hang Seo membawa Que Ngoc Hai dan kawan-kawan menang 3-1.

Pertemuan terakhir Hang Seo dengan Timnas Indonesia terjadi pada tengah tahun ini dalam pertemuan kedua di kualifikasi Piala Dunia 2022.

Timnas Indonesia yang sudah dilatih Shin Tae Yong menelan kekalahan 0-4 dalam laga yang berlangsung di Uni Emirat Arab.

Duel di fase grup Piala AFF 2021 menjadi pengalaman pertama bagi Hang Seo bertemu Timnas Indonesia dalam kejuaraan sepak bola dua tahunan Asia Tenggara.

Hang Seo tercatat memiliki prestasi menawan bersama Vietnam. Selain gelar juara SEA Games 2019, Hang Seo membawa Vietnam menjadi runner up Piala Asia U-23 2018, serta menempati peringkat keempat di Asian Games 2018, dan menjadi juara Piala AFF 2018.

[Gambas:Video ]

(nva/jun)







Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *