Kalahkan Indonesia, Thailand Sabet Beragam Rekor di Piala AFF



Jakarta, Indonesia —

Kalahkan Timnas Indonesia pada final leg pertama Piala AFF 2020, Thailand mengemas beragam catatan impresif pada kejuaraan yang telah digulirkan sejak 1996 tersebut.

Thailand kembali menunjukkan kualitas permainan pada laga pertama final Piala AFF 2020. Timnas Indonesia yang dalam enam pertandingan sebelumnya tampil impresif mendadak tak berdaya.

Tekanan yang dilakukan Thailand membuat gol cepat terjadi. Sepakan Chanathip Songkrasin ketika pertandingan baru berjalan satu menit dan 25 detik merupakan gol tercepat dalam laga final Piala AFF.

Sebelumnya catatan gol tercepat di partai final Piala AFF terjadi ketika final 2004 saat pemain Singapura, Daniel Bennett, membobol gawang Indonesia pada menit ketiga.

Selain rekor gol tercepat, Thailand juga menorehkan kemenangan paling besar di partai final. Dalam penyelenggaraan-penyelenggaraan Piala AFF sebelumnya, skor besar di final terjadi dengan jarak tiga gol.

Ada dua pertandingan final dengan selisih tiga gol, yakni pada Piala AFF 2000 saat Thailand menang 4-1 atas Indonesia. Setelah itu pada leg pertama final Piala AFF 2010 ketika Malaysia menang 3-0 atas Indonesia.

Thailand pun mencatatkan torehan sebagai tim yang paling lama tidak terkalahkan di Piala AFF. Kali terakhir Thailand kalah di Piala AFF adalah saat tunduk 1-2 dari Indonesia dalam laga pertama final Piala AFF 2016.

Setelah itu Thailand mencatatkan 14 laga tak terkalahkan. Sebelumnya Singapura dan Vietnam merasakan 13 laga tanpa kalah.

Thailand pun berpeluang menambah catatan naik podium di Piala AFF setelah menang 4-0 atas Indonesia di leg pertama. Jika Thailand bisa mempertahankan keunggulan, maka bakal menjadi negara dengan koleksi juara Piala AFF terbanyak. Thailand hingga kini sudah meraih lima gelar Piala AFF.

[Gambas:Video ]

(nva/har)







Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *