Kamar Tidur Terlalu Panas Bisa Picu Mimpi Buruk



Jakarta, Indonesia —

Mimpi buruk sering kali dikaitkan dengan stres dan kecemasan. Namun, ada alasan lain yang juga mungkin bisa memicu mimpi buruk. Periksa kembali suhu kamar Anda sebelum tidur. Suhu kamar yang panas ternyata juga bisa memicu mimpi buruk.

Ahli tidur menyatakan suhu kamar dapat mengganggu tidur dan memicu mimpi buruk. Suhu kamar yang disarankan untuk tidur malam yang nyenyak dan berkualitas adalah 18 derajat Celcius.

“Agar kita mendapatkan tidur malam yang nyenyak, kita perlu kehilangan sekitar 1°C dari suhu tubuh internal kita, yang berada di sekitar 37°C,” kata mantan ketua British Sleep Society, Dr Neil Stanley, dikutip dari Metro.co.uk.

Untuk mendapatkan suhu tubuh internal tersebut, diperlukan suhu kamar antara 16-18°C. Selain mencegah mimpi buruk, Stanley mengatakan suhu dingin ini juga bakal meringankan gangguan tidur seperti mendengkur dan sleep apnea.

Untuk mendapatkan suhu yang dingin, Anda juga bisa mengganti seprai dan selimut dengan bahan yang sejuk dari katun atau serat alami seperti sutra.

Dikutip dari NY Times, cara lain untuk membuat kamar tidur dingin adalah dengan mematikan semua lampu dan menutup sumber cahaya. Pasalnya, cahaya merupakan sumber panas yang dapat meningkatkan suhu.

Anda juga bisa menggunakan baju tipis yang nyaman untuk tidur. Piyama yang tebal dan panjang dapat meningkatkan suhu tubuh Anda. Persiapkan kamar dan kondisi tubuh Anda sebelum tidur, agar tidur lebih mudah dan nyenyak tanpa mimpi buruk.

(ptj)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *