Kapal Migran Tenggelam Lagi di Yunani, 16 Orang Tewas



Jakarta, Indonesia —

Sebanyak 16 orang dilaporkan meninggal dunia akibat tenggelamnya sebuah kapal yang mengangkut migran di Laut Aegea, Yunani, Jumat (24/12).

Dilansir AFP, penjaga pantai menemukan 16 mayat, termasuk tiga wanita dan seorang bayi. Mereka juga menyelamatkan 63 orang dari penumpang di dekat Pulau Paros. Menurut penumpang yang selamat, terdapat sekitar 80 orang di kapal tersebut.

Peristiwa kapal tenggelam ini adalah yang ketiga sejak Rabu (22/12). Peristiwa ini terjadi di tengah aktivitas penyelundupan migran yang tinggi di perairan Yunani dalam beberapa bulan.

Beberapa jam sebelumnya, 11 mayat ditemukan dari kapal lain yang kandas di sebuah pulau di utara pulau Antikythera, Yunani, pada Kamis (23/12). Menurut penjaga pantai, 90 orang yang terdampar di pulau tersebut telah diselamatkan.

Kemudian pada Rabu (22/12), sebuah sampan yang membawa migran terbalik di pulau Folegandros, menewaskan tiga orang. Menurut pihak berwenang Yunani, 13 orang berhasil diselamatkan, sementara puluhan lainnya masih hilang. Korban selamat memberikan keterangan yang berbeda terkait penumpang di kapal itu.

“Beberapa mengatakan ada 32 orang di dalamnya, sementara yang lain menyebutkan jumlahnya sekitar 50,” kata seorang pejabat penjaga pantai.

Badan pengungsi PBB UNHCR mengatakan kecelakaan Folegandros bisa menjadi yang terburuk di Laut Aegea tahun ini, karena banyak orang yang belum diketahui masih hilang.

“Kapal karam ini adalah pengingat menyakitkan bahwa orang-orang terus melakukan perjalanan berbahaya untuk mencari keselamatan,” kata Adriano Silvestri, asisten perwakilan UNHCR di Yunani.

(yoa/ptj)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *