Kapal Tenggelam di Yunani, Tiga Orang Tewas



Jakarta, Indonesia —

Setidaknya tiga orang tewas dan puluhan orang hilang usai sebuah kapal yang mengangkut migran tenggelam di dekat Pulau Folegandros Yunani pada Selasa (21/12).

Dilansir AFP, Rabu (22/12), penjaga pantai mengatakan 12 orang berhasil diselamatkan di sebuah sampan, termasuk anak-anak. Operasi pencairan besar-besaran masih berlangsung.

Berdasarkan laporan TV lokal ERT, kapal tersebut berlayar dari Turki ke Italia. Penjaga pantai mengatakan kapal tersebut mengalami kerusakan mesin dan tenggelam.

Ia juga menyebut, dari 12 orang yang selamat, hanya dua yang memakai jaket pelampung. Mereka yang diselamatkan terdiri dari tujuh warga Irak, tiga warga Suriah, dan dua warga Mesir. Kedua belas orang itu dipindahkan ke rumah sakit di pulau Santorini.

Belum diketahui angka pasti jumlah penumpang kapal itu. Penjaga pantai kepada AFP mengungkapkan beberapa orang yang selamat menyebutkan jumlahnya 32 orang, sementara yang lain menyebut sebanyak 50 orang ada di dalam kapal.

Operasi pencarian dan penyelamatan melibatkan empat kapal penjaga pantai, tiga helikopter, satu pesawat angkut militer, delapan kapal di dekatnya dan tiga kapal swasta. Operasi itu dimulai Selasa malam, setelah penjaga pantai menerima informasi bahwa sebuah kapal yang membawa migran mengalami masalah.

Hampir satu juta orang, terutama pengungsi Suriah, masuk ke Uni Eropa pada 2015 setelah menyeberang melalui pulau-pulau Yunani yang dekat dengan Turki.

Puluhan pengungsi dan migran tenggelam di Laut Aegea saat mencoba menyeberang dengan berbahaya.

Berdasarkan data pengungsi PBB yang dikutip AFP, 8.500 pencari suaka datang ke Yunani tahun ini, kebanyakan dari mereka melalui perbatasan darat timur laut dengan Turki.

(afp/sfr)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *