Karpet Merah untuk Orang-orang Jokowi di Kabinet Prabowo




Jakarta, Indonesia

Menteri-menteri pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendominasi daftar calon menteri kabinet presiden terpilih Prabowo Subianto. Pengamat politik menilai hal ini menjadi bentuk terima kasih Prabowo ke Jokowi atas kemenangan pada Pilpres 2024.

Pada hari pertama Prabowo memanggil para calon menteri/calon wakil menterinya, ada 16 dari 49 nama yang merupakan menteri kabinet Jokowi. Beberapa di antaranya adalah Sri Mulyani, Bahlil Lahadalia, Pratikno, Erick Thohir, dan Tito Karnavian.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pada Rabu (15/10) ini, Prabowo kembali memanggil calon-calon pembantunya di kabinet baru. Setidaknya sudah ada 56 orang yang menghadap Prabowo di Kertanegara.

Beberapa orang yang datang hari ini juga memiliki kedekatan dengan Jokowi. Misalnya, Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi, mantan Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Stafsus Presiden Juri Ardiantoro, hingga Utusan Khusus Presiden (UKP) Bidang Kerja Sama Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan Muhamad Mardiono.

Direktur Trias Politika Strategis Agung Baskoro menilai langkah Prabowo ini menunjukkan porsi besar Jokowi dalam pembentukan kabinet baru. Hal ini juga sekaligus jadi bentuk terima kasih Prabowo ke Jokowi.

“Ini menguatkan betapa besarnya pengaruh Pak Jokowi ke Pak Prabowo ya. Jadi, saham politiknya kalau ditanya dibanding presiden lain apakah Pak SBY, Ibu Mega, Pak Jokowi paling besar pengaruhnya, pertimbangannya, kekuatannya,” kata Agung saat dihubungi Indonesia.com, Selasa.

“Dan ini bagian dari relasi balas jasa, terima kasihlah dengan menunjuk kembali para menteri-menterinya Pak Jokowi,” ujarnya.

Meski demikian, memang belum jelas seberapa penting posisi yang didapat orang-orang Jokowi dalam kabinet Prabowo. Loyalis Jokowi seperti Budi Arie pun hadir di hari kedua saat Prabowo memanggil calon wakil menteri.

Agung menilai hal itu tak menjadi persoalan. Menurutnya, Prabowo tetap memberi ruang besar untuk orang-orang Jokowi.

“Jadi mereka diapresiasi dan bentuk penghargaan itu membuktikan bahwa ya jasa-jasa Pak Jokowi diingat betul oleh Pak Prabowo,” ucapnya.

(dhf/tsa)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *