Kasus Covid-19 di 126 Kabupaten/Kota Naik Imbas Sekolah dan Takziah



Jakarta, Indonesia —

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mencatat terdapat kenaikan kasus Covid-19 di 126 kabupaten/kota di Indonesia.

Ia menyebut, kenaikan itu banyak disumbang oleh kasus positif yang terjadi di sekolah saat pembelajaran tatap muka (PTM) dan takziah atau kunjungan duka cita.

“Minggu lalu ada 126 kabupaten/ kota naik. Sebagian besar disebabkan kasus positif di sekolah dan takziah,” kata Budi dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (15/11).

Budi mengungkapkan kenaikan itu sudah berlangsung selama 3 pekan. Terkait itu, Kemenkes akan melakukan konsolidasi bersama Mendikbudristek Nadiem Makarim.

Ia berharap permasalahan itu dapat diatasi dengan cepat. Sehingga, kata dia, PTM tetap bisa dilaksanakan.

“Saya dan pak Nadiem akan konsolidasi rencananya mudah mudahan Minggu ini kira selesaikan agar tetap tatap muka dengan surveilans aktif,” ujarnya.

Budi berkata, pihaknya akan melakukan surveilans aktif sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo. Sehingga, sekolah bisa mengambil tindakan cepat jika didapati kasus positif.

“Bapak presiden arahkan sekolah tatap muka dilakukan surveilans agar kalau ada indikasi kita bisa lakukan tindakan,” ucapnya.

Berdasarkan catatan Indonesia.com, salah satu penyebaran Covid-19 imbas pembelajaran tatap muka terjadi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kasus merebak berawal dari klaster di SMKN 1 Sedayu Bantul. Klaster sekolah itu menyebar hingga ke beberapa kabupaten lain, termasuk Sleman yang mencapai puluhan kasus.

Awal penyebaran diduga dipicu dari kegiatan takziah yang diikuti salah seorang guru SDN Sukoharjo kemudian merembet ke murid-murid dan rekan kerjanya. Hasil tracing kontak erat salah seorang siswa lantas menguak penyebaran Covid-19 di SMKN 1 Sedayu.

Dari dua satuan pendidikan itu, terhitung ada belasan murid dan beberapa guru terkonfirmasi Covid-19 pada akhir Oktober lalu. Adapun anggota keluarga dari para siswa maupun pengajar juga terpapar Corona.

Baca artikel Indonesia “Serangan Senyap Klaster Sekolah, Menyebar di Bantul hingga Sleman” selengkapnya di sini.

(yla/gil)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *