Kayu Manis Ampuh Turunkan Gula Darah, Benarkah?




Jakarta, Indonesia

Rasanya boleh saja sedikit manis. Tapi, kayu manis ternyata ampuh untuk menurunkan kadar gula darah. Kok bisa?

Kayu manis merupakan salah satu jenis rempah yang cukup terkenal di Indonesia. Rempah satu ini kerap digunakan dalam berbagai sajian yang gunanya untuk menambah rasa dan aroma pada masakan.

Tapi, bukan hanya itu, kayu manis juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Salah satunya untuk menurunkan kadar gula darah.

Meski namanya manis, rempah yang satu ini bisa bikin gula darah langsung ciut.

Melansir Healthline, kayu manis bisa meningkatkan sensitivitas insulin hingga memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar gula darah setelah makanan. Asupan kayu manis juga bisa mengurangi risiko komplikasi terkait diabetes.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Diabetes sendiri dikenal sebagai penyakit kronis yang dapat mengganggu kemampuan tubuh dalam mengatur kadar gula darah. Kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi jangka panjang seperti penyakit jantung, penyakit ginjal, dan kerusakan saraf.

Perawatan pada pasien diabetes umumnya mencakup pengobatan dan suntikan insulin. Namun, banyak orang juga tertarik pada konsumsi herbal yang dapat membantu menurunkan gula darah. Di sini lah kayu manis berperan.

Mengutip WebMD, penderita diabetes akan mengalami produksi insulin yang sedikit. Hal ini rentan memicu lonjakan gula darah.

Kayu manis bekerja dengan meniru insulin dan meningkatkan sensitivitasnya. Dengan begitu, kayu manis bisa memindahkan gula dari aliran darah ke dalam sel-sel tubuh.

Selain itu, dengan sensitivitasnya yang meningkat, insulin jadi lebih efisien dalam memindahkan gula ke dalam sel.

Beberapa studi kecil juga telah mengaitkan kayu manis dengan kadar gula darah yang lebih baik. Beberapa penelitian ini menunjukkan bahwa kayu manis dapat mengendalikan gula darah dengan menurunkan resistensi insulin.

Dalam salah studi, relawan mengonsumsi 1-6 gram (g) kayu manis selama 40 hari. Para peneliti menemukan bahwa kayu manis mengurangi kolesterol sekitar 18 persen dan kadar gula darah hingga 24 persen.

(tst/asr)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *