Kedubes China di Myanmar Diduga Dilempar Granat




Jakarta, Indonesia

Konsulat China di kota Mandalay, Myanmar, diserang dengan alat peledak diduga granat, demikian menurut media lokal Sabtu (19/10). Tidak ada korban tewas atau cedera yang dilaporkan karena insiden tersebut.

Ledakan itu terjadi di kantor konsulat di pusat Mandalay, di bagian selatan Istana Kerajaan, Jumat sekitar pukul 7 malam waktu setempat.

China adalah sekutu utama dan pemasok senjata bagi junta Myanmar, tetapi juga memelihara hubungan dengan kelompok etnis yang memerangi militer di negara bagian Shan di utara Myanmar, menurut para analis.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kondisi dalam negeri Myanmar sendiri tak kunjung stabil sejak militer menggulingkan pemerintahan Aung San Suu Kyi dan merebut kekuasaan pada tahun 2021.

Seorang pejabat Myanmar di Mandalay mengonfirmasi kepada AFP bahwa telah terjadi insiden di kompleks kantor konsulat China di Mandalay larut malam kemarin.

“Tidak ada yang terluka,” kata pejabat itu, tanpa menyebutkan secara detail insiden.

Kantor berita Irrawaddy melaporkan suatu granat dilemparkan ke kompleks kedutaan yang biasanya dijaga oleh anggota pasukan keamanan Myanmar.

The Voice of Myanmar melaporkan konsulat terkena “ledakan” yang tidak diketahui sumbernya tanpa memberikan keterangan lebih lanjut.

Kedutaan Besar China di Yangon tidak menanggapi pertanyaan AFP, dan juru bicara junta tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

(AFP/vws)





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *