Kehadiran Megawati di Pelantikan Prabowo Diwakili Puan




Jakarta, Indonesia

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan kehadiran Megawati Soekarnoputri pada prosesi sumpah janji Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming akan diwakili putrinya yang juga Ketua DPR Puan Maharani.

Megawati dipastikan tak hadir pada proses sumpah janji Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden 2024-2029 di MPR, Minggu (20/10).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Kehadiran Ibu Mega nanti diwakili oleh Mbak Puan Maharani selaku Ketua DPR RI dan juga representasi dari seluruh anggota legislatif dari PDI Perjuangan,” kata Hasto di Bali, Sabtu (19/10).

Namun, Hasto mengatakan Ketua Umumnya telah mengeluarkan instruksi agar semua anggota legislatif partainya dilarang ke luar kota agar bisa menghadiri proses ucap sumpah janji presiden dan wakil presiden .

Menurut Hasto, Megawati tak bisa hadir karena dalam kondisi sakit sepulang kunjungan ke Uzbekistan dan Rusia. Namun, dia memastikan partainya menghormati proses ketatanegaraan yang berlangsung hari ini.

“Ini sesuatu momentum kenegaraan yang juga dihormati oleh PDI Perjuangan,” kata Hasto.

Sementara, anggota DPR dari PDIP Deddy Yevry Sitorus menegaskan partainya akan mendukung pemerintahan Prabowo-Gibran, meski ketua umumnya tak hadir pada proses ucap sumpah janji hari ini.

Bahkan, Deddy menyebut partainya akan mendukung sepenuh hati, dan tanpa timbal balik. Namun, PDIP kata Deddy akan tetap kritis kepada pemerintahan untuk hal-hal yang bersifat strategis.

“Tentu kami akan mendukung tanpa reserve. Sepenuh hati. Tapi untuk hal-hal yang menurut kami keluar dari koridor kepentingan bangsa dan negara tentu kami akan mengingatkan secara kritis dan diplomatis,” kata dia di kompleks parlemen jelang proses sumpah janji.

(thr/wis)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *