Kelompok Orang yang Tak Boleh Makan Terong, Bisa Berbahaya




Jakarta, Indonesia

Terong selain enak harganya juga murah, makanya banyak orang yang menyukai jenis sayuran ini di Indonesia. Tapi, ternyata ada juga kelompok yang tidak boleh makan terong, siapa saja?

Terong biasanya oleh beberapa orang digunakan sebagai makanan alternatif pengganti daging. Tapi pada dasarnya, kandungan gizi sayuran ini tidak terlalu mencolok, malah masuk kategori biasa saja.

Melansir Mashed, terong bahkan digambarkan sebagai makanan dengan protein yang tidak lengkap. Artinya, terong tidak memiliki satu atau lebih asam amino esensial yang ditemukan dalam protein hewani.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain itu, meskipun terong bebas lemak, tapi terong bukanlah sumber vitamin atau mineral signifikan. Hanya kulit terong yang tergolong bagus, karena mengandung antioksidan kuat yang disebut nasunin, bagus untuk memperkuat daya ingat.

Terlepas dari semua hal biasa pada terong ini, ternyata ada beberapa kelompok yang memang tidak boleh makan terong. Berikut daftarnya.

1. Alergi

Beberapa orang mungkin alergi atau tidak toleran terhadap terong. Mereka bisa mengalami peradangan atau masalah pencernaan ketika memakannya.

2. Masalah ginjal

Terong mengandung kalsium oksalat yang bisa menyebabkan batu ginjal jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Makanya, mereka yang memiliki riwayat masalah ginjal sebaiknya hindari makan terong

3. Orang dengan kadar zat besi rendah

Melansir Medical News Today, orang dengan kadar zat besi rendah dalam tubuhnya sebaiknya tidak mengonsumsi terong. Hal ini karena terong mengandung banyak nasunin yang dengan mudah mengikat zat besi dalam tubuh.

Jadi, bagi kalian yang termasuk tiga kelompok di atas, yang tak boleh makan terong, sebaiknya hati-hati ketika memilih makanan sebelum dikonsumsi.

(tst/wiw)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *