‘Kematian’ Uni Soviet dan Cara Partai Komunis China Bertahan



Jakarta, Indonesia —

Partai Komunis China (PKC) masih bertahan setelah seabad berdiri, mereka bahkan berambisi menguasai dunia. Beragam cara pun ditempuh agar kesalahan Uni Soviet tak berulang.

Partai Komunis China hari ini, banyak belajar dari kesalahan runtuhnya Uni Soviet.

Uni Republik Sosialis Soviet (USSR) runtuh secara perlahan, seperti korupsi yang membusuk, penindasan, dan tak ada transparansi yang menggerogoti cita-cita dasar komunis.

Namun pada Desember 1991, ketika para pemimpin Rusia, Ukraina, dan Belarusia menandatangani surat perintah eksekusi Uni Soviet, hal itu mengejutkan dunia.

“Uni Soviet, sebagai realitas geopolitik, dan sebagai subjek hukum internasional, tidak ada lagi,” tulis mereka dalam kesepakatan yang dibuat seperti dikutip ABC Net.

Presiden Uni Soviet saat itu, Mikhail Gorbachev, secara resmi mengundurkan diri dan menyatakan Uni Soviet runtuh pada Hari Natal 1991.

Barat menghabiskan tiga dekade berikutnya merayakan ‘kematian’ Uni Soviet.

Sementara itu, negara adidaya lain yang sedang naik daun menghabiskan 30 tahun melakukan ‘autopsi’ atas Uni Soviet, bertekad menghindari nasib serupa.

Partai Komunis China (PKC) telah menulis ribuan makalah internal, menggelar sesi belajar, dan bahkan memproduksi film dokumenter soal kejatuhan sepupu ideologisnya itu.

“Sulit untuk melebih-lebihkan betapa terobsesinya mereka dengan Uni Soviet,” kata pakar China, David Shambaugh, kepada Washington Post.

Partai Komunis China, yang sudah menjadi salah satu partai politik paling lama berkuasa di dunia tak ingin namanya hanya menjadi sampah sejarah.

“Mengapa Uni Soviet bubar?” kata Presiden China, Xi Jinping, bertanya kepada pejabat partai dalam pidato yang bocor pada 2012 silam.

“Alasan penting adalah bahwa cita-cita dan keyakinan mereka goyah. Pada akhirnya, tidak ada manusia sejati, tidak ada yang keluar untuk melawan.”

Bagaimana Partai Komunis China ‘bertahan hidup’ di tengah hegemoni kapitalisme dunia? Baca di halaman berikutnya…


3 Cara Partai Komunis China ‘Bertahan Hidup’


BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *