Kemenangan 10-0 Indonesia Tak Dihitung untuk Runner Up Terbaik




Jakarta, Indonesia

Timnas Indonesia U-17 meraih kemenangan super telak saat menghadapi Kepulauan Mariana Utara, namun skor 10-0 tersebut tak akan dihitung untuk perebutan posisi runner up terbaik Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

Anak asuh Nova Arianto melakoni laga kedua pada Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 dengan mengemas kemenangan atas Kepulauan Mariana Utara, Jumat (25/10).

Skor 10-0 melawan skuad berjuluk Blue Ayuyu itu bakal digunakan untuk menentukan posisi di klasemen Grup G. Jika Indonesia dan Australia bermain imbang pada laga terakhir yang berlangsung Minggu (27/10) malam, maka dipastikan tim junior Socceroos akan berada di puncak klasemen karena mereka memiliki selisih gol yang lebih tinggi dibanding Indonesia.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Australia sejauh ini sudah mengemas 22 gol dan kebobolan sekali, sementara Indonesia menorehkan 11 gol berbanding nol kebobolan. Dari 22 gol yang dilesakkan Australia, 19 di antaranya dibukukan saat melawan Kepulauan Mariana Utara. Sementara tiga lainnya diceploskan ke gawang Kuwait.

Sedangkan Indonesia memiliki 10 gol ke gawang Mariana Utara dan satu gol ke gawang Kuwait.

Selain untuk menghitung klasifikasi di Grup G, deretan gol ke gawang Kepulauan Mariana Utara tidak berlaku untuk mengkalkulasi posisi runner up terbaik.

Mengapa kemenangan melawan Kepulauan Mariana Utara tidak ikut dihitung dalam penentuan posisi runner up terbaik? Jawabannya adalah karena pengunduran timnas Lebanon U-17 dari sesi kualifikasi.

Lebanon tidak berada satu grup dengan Indonesia, namun hal itu mengubah mekanisme penilaian runner up grup terbaik. Saat ini, tanpa Lebanon, Grup H hanya diisi tiga negara saja. Dengan demikian untuk menghitung posisi runner up grup terbaik hanya akan dihitung dari catatan pertemuan dengan tiga negara teratas saja.

Sementara Kepulauan Mariana Utara saat ini hampir pasti menjadi penghuni juru kunci di Grup G. Dengan demikian kemenangan atas negara di Samudera Pasifik itu tidak akan ikut diperhitungkan dalam penentuan posisi runner up grup terbaik.

Timnas Indonesia U-17 akan menjalani laga terakhir pada Kualifikasi Piala Asia U-17 dengan menghadapi Australia pada Minggu (27/10). Tim Merah Putih wajib meraih poin untuk membuka peluang lolos ke putaran final Piala Asia U-17. Jika gagal meraih poin, maka tipis kemungkinan Putu Panji dan kawan-kawan melangkah ke persaingan tingkat kontinental tersebut.

Hanya juara grup yang otomatis lolos ke Piala Asia U-17 2025, sementara dari 10 runner up grup hanya akan ada lima yang lolos dan ditentukan dalam pemeringkatan dari hasil tiga laga di fase grup.

[Gambas:Video ]

(nva/har)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *