Kementan Minta Maaf Pejabat Eselon I Pakai Seragam Ormas NasDem



Jakarta, Indonesia —

Kementerian Pertanian (Kementan) menyampaikan permintaan maaf usai pejabat eselon I mereka mengenakan seragam Komando Strategis NasDem (Kostranas). Foto ASN memakai seragam itu ditampilkan dalam rapat dengan Komisi IV DPR, Senin (15/11).

“Bapak-Ibu sekalian, tidak ada maksud lain, mohon maaf kalau memang itu kurang berkenan di Bapak Ibu sekalian, tapi sesungguhnya di hati kami tetap dalam upaya birokrat, tapi karena ini menghormati, kami memakai atribut itu,” ujar Sekjen Kementan, Kasdi Subagyono dalam rapat.

Mulanya, Kasdei menampilkan slideshow dalam rapat bersama Komisi IV DPR. Sempat juga ditampilkan foto para pejabat eselon I Kementan mengenakan seragam ormas NasDem berwarna loreng biru kuning bersama Mentan Syahrul Yasin Limpo dan Ketua Umum NasDem Surya Paloh. .

Pimpinan Komisi IV DPR Anggia Erma Rini lantas bertanya mengapa ada ASN yang memakai seragam NasDem dan berfoto bersama Surya Paloh. Kasdei lalu memberikan penjelasan.

“Bapak Ketua, Bapak-Ibu Wakil Ketua, dan anggota yang kami muliakan, iya, kehadiran kami dengan atribut itu meskipun secara formal kami tidak dalam posisi itu,” kata Kasdi mengklarifikasi.

Kasdi mengaku mengetahui seragam yang ia kenakan merupakan baju dinas Kostranas. Namun, ia tak mengetahui persis posisi atau hubungan ormas tersebut dengan NasDem pimpinan Surya Paloh.

“Tadi pak ketua menanyakan, bahwa itu seragam yang saya kenal seragamnya Kostranas bapak, saya juga tidak tahu Kostranas itu dalam posisi di Nasdem, terus terang saja tidak tahu,” katanya.

Sejauh ini, Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sudah menyatakan para ASN Kementan itu melanggar netralitas. Ketua KASN Agus Pramusinto menegaskan bahwa ASN seharusnya bersikap netral dan tidak terlibat aktivitas politik.

“Secara norma ASN tidak boleh menggunakan atribut parpol,” kata Agus.

Mereka yang berseragam NasDem antara lain Sekretaris Jenderal Kementan Kementan Kasdi Subagyono, Direktur Jenderal Tanaman Pangan Suwandi, Direktur Jenderal Hortikultura Prihasto Setyanto, dan beberapa ASN lainnya.

(thr/bmw)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *