Kementerian Gus Ipul di Bawah Koordinasi Cak Imin




Jakarta, Indonesia

Menteri Koordinator Pemberdayaan Masyarakat Muhaimin Iskandar atau Cak Imin akan memimpin koordinasi kerja sejumlah kementerian, termasuk kementerian sosial yang kini dipimpin oleh Saifullah Yusuf alias Gus Ipul.

Selain Kementerian Sosial, Cak Imin juga memimpin koordinasi Kementerian Perlindungan Pekerja Migran, Kementerian Koperasi, Kementerian Ekonomi Kreatif, Kementerian Desa dan Kementerian UMKM.

“Ini menjadi satu kesatuan dalam koordinasi saya,” kata Cak Imin di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Senin (21/10).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Cak Imin mengungkapkan harapan Prabowo supaya ada integrasi dalam gerak pembangunan negara ke depannya. Sehingga Prabowo ingin masing-masing kementerian tidak didominasi oleh ego sektoral.

Karenanya, ia berkeinginan Kemenko Pemberdayaan Masyarakat mengikis ego sektoral di tiap kementerian.

“Kita mulai dari kecil menengah dan bawah, kalau ini berhasil, maka menurut Presiden Prabowo maka integrasi yang lain akan ikut, karena kita tidak bisa hanya bergantung pasar ekonomi besar, kita harus mulai dari sistem bawah ini, itu kira-kira arahan beliau,” kata dia.

Ia juga menegaskan bahwa di Kabinet Merah Putih tak ada lagi perbedaan pandangan atau pemahaman politik. Semuanya harus dalam satu komando barisan mewujudkan visi misi Prabowo-Gibran.

Penegasan Muhaimin itu berkaca pada perseteruannya dengan Gus Ipul selaku Sekjen PBNU yang kini menjabat sebagai menteri sosial.

“Amanah ini saya terima dengan niat tulus untuk bersama-sama, bahu-membahu dari seluruh kementerian yang ada di dalam koordinasi yang diamanatkan kepada saya,” kata dia.

Gus Ipul pada kesempatan terpisah menyatakan tak masalah jika nantinya bekerja di bawah koordinasi Cak Imin.

“Enggak lah yang penting kita kan kerja atas arahan presiden. Jadi imamnya presiden ya kita ikut keputusannya. Berkoordinasi dengan siapa, ya kita akan kerjakan,” kata Gus Ipul kepada wartawan di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10).

Gus Ipul menekankan pesan Prabowo untuk kompak. Oleh karena itu, demi menjaga soliditas kabinet, ia tak masalah jika harus berkoordinasi dengan Cak Imin.

Selain berkoordinasi dengan Mensos Gus Ipul, Cak Imin juga akan rutin menjalin koordinasi dengan Menteri Perlindungan Pekerja Migran Abdul Kadir Karding, Menteri Ekonomi Kreatif Teuku Riefky Harsya, Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal Yandri Susanto, serta menteri UMKM Maman Abdurrahman.

Berkantor di Kemenko PMK

Cak Imin mengungkapkan Kemenko Pemberdayaan Masyarakat akan ikut menempati Kantor Kemenko PMK.

“Saya dapat kabar dari Mensesneg Pak Pras, saya akan berkantor di sini di Kantor PMK,” kata Cak Imin.

Ia menyerahkan kepada Sesmenko PMK terkait penambahan staf Kemenko Pemberdayaan Masyarakat. Namun, ia ingin nantinya Kemenko ini memiliki deputi khusus yang bergerak di bidang usaha kecil dan pemberdayaan sosial.

“Apakah sudah cukup di sini ditangani dengan staf yang ada, mungkin kita cari satu atau dua deputi yang bisa sinkronisasi dunia usaha kecil dengan pemberdayaan sosial,” kata dia.

Cak Imin telah dilantik sebagai Menko Pemberdayaan Masyarakat oleh Presiden Prabowo di Istana Negara, Jakarta, Senin pagi tadi.

Berikut daftar kementerian di bawah koordinasi Kemenko Pemberdayaan Masyarakat:

  • Kementerian Sosial
  • Kementerian Perlindungan Pekerja Migran Kementerian Koperasi
  • Kementerian Ekonomi Kreatif
  • Kementerian Desa
  • Kementerian UMKM

(rzr/gil)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *