Kenali Gejala Penyakit Jantung Seperti yang Diderita Haji Lulung


Jakarta, Indonesia —

Tokoh Betawi dan Ketua Dewan Perwakilan Wilayah PPP DKI Jakarta Abraham Lunggana alias Haji Lulung meninggal dunia, Selasa (14/12) karena penyakit jantung Haji Lulung.

Lulung sebelumnya dikabarkan terkena serangan jantung. Ia sempat dirawat di ruang Intensive Cardiovascular Care Unit (ICVCU) Rumah Sakit Harapan Kita.

Penyakit jantung Haji Lulung mengingatkan kembali tentang bahaya sakit jantung, penyebab, sampai gejalanya.

Penyakit jantung identik dengan nyeri dada. Namun, terdapat tanda penyakit jantung lainnya yang juga mesti diwaspadai.

Kebanyakan orang berpikir bahwa gejala penyakit jantung adalah nyeri dada semata, padahal Pada kasus tertentu justru nyeri dada sama sekali tidak muncul. Padahal, orang tersebut sebenarnya telah mengalami penyakit jantung yang cukup parah.

Berikut beberapa gejala penyakit jantung yang sering tak disadari:

1. Cepat lelah dan napas pendek

Sakit dada yang seringkali disadari sebagai gejala penyakit jantung seringkali tak disadari pada penderita diabetes karena kerap mengalami kerancuan organ perasa.

Umumya penderita diabetes dengan penyakit jantung hanya akan mengeluh bahwa dirinya mudah lelah bahkan napas pendek meski hanya berjalan 30 meter.

Hal ini yang menyebabkan penderita diabetes sering tak sadar kalau dia punya penyakit jantung.

2. Lupa

Pelupa seringkali diasosiasikan dengan pikun. Padahal bisa jadi sering lupa ini jadi tanda awal penyakit jantung.

penyempitan jantung bisa menyebabkan gangguan irama jantung yang juga nemengaruhi aliran darah ke berbagai organ. Meski hanya sesaat dan kerap kali tidak disadari gangguan irama jantung ini memengaruhi suplai darah ke jantung dan otak.

3. Plak kekuningan di kelopak mata

Plak kekuningan karena gumpalan lemak ini merupakan gejala Xanthelasma, penyakit yang disebabkan karena kolesterol tinggi.

4. Pembuluh darah menonjol di leher

Hal ini terjadi karena jantung bekerja lebih keras sehingga menyebabkan pembengkakan di leher.




Anggota DPR Fraksi PAN Abraham Lunggana mengikuti pelantikan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2019-2024 di Ruang Rapat Paripurna, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 1 Oktober 2019.Penyakit jantung Haji Lulung sendiri sempat membuatnya dirawat di rumah sakit selama beberapa waktu sebelum meninggal dunia. ( Indonesia/Adhi Wicaksono)

Cara menjaga kesehatan jantung

Penyakit kardiovaskular termasuk sakit jantung menjadi penyebab kematian tertinggi di dunia. Riskesdas 2018 mencatat angka kejadian penyakit kardiovaskular meningkat dari tahun ke tahun. Penyakit jantung Haji Lulung sendiri sempat membuatnya dirawat di rumah sakit selama beberapa waktu sebelum meninggal dunia. 

Berikut cara melindungi diri dari penyakit jantung dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI).

1. Hindari merokok dan asap rokok

Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) merekomendasikan beberapa cara menjaga kesehatan jantung baik pada orang sehat maupun mereka yang sudah memiliki penyakit kardiovaskular.

2. Tingkatkan aktivitas fisik

PERKI mengingatkan untuk orang dengan penyakit jantung perlu berkonsultasi untuk menentukan jenis olahraga yang tepat. Saat olahraga dilakukan dengan porsi yang pas, kerja jantung jadi tidak terbebani.

3. Makanan tinggi serat

Serat larut air bisa membantu menurunkan kolesterol total dengan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Di samping itu, serat juga membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi inflamasi.

Haji Lulung meninggal dunia karena penyakit jantung. Penyakit jantung Haji Lulung ini sempat membuatnya dirawat di rumah sakit di Rumah Sakit Harapan Kitakarena serangan jantung sejak pertengahan November 2021.

(chs)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *